Prabowo Mengangkat Putra Penerbang Super Tucano yang Gugur Menjadi Anak Asuh

by -127 Views

Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto memberikan belasungkawa kepada keluarga 4 prajurit TNI Angkatan Udara (TNI AU) yang gugur dalam kecelakaan jatuhnya pesawat Super Tucano di Kompleks Perumahan Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh, Malang, pada Sabtu, 18 November 2023.

Prabowo mengucapkan duka cita kepada orang tua, istri, dan anak-anak dari para prajurit TNI AU yang gugur. Dia juga menyatakan bahwa anak-anak prajurit TNI AU yang gugur itu sekarang menjadi anak asuhnya dan dia berjanji akan bertanggung jawab atas kebutuhan mereka.

“Saya bertanggung jawab atas anak-anak ini. Mereka menjadi anak asuh saya langsung,” kata Prabowo kepada anggota keluarga.

Prabowo juga memberikan nomor telepon yang dapat dihubungi setiap saat kepada anggota keluarga itu. Dia meminta untuk segera dihubungi jika ada kebutuhan.

“Jika ada yang diperlukan, silakan hubungi saya. Saya pasti akan membantu sebaik mungkin,” katanya.

Insiden jatuhnya pesawat Super Tucano terjadi di Pasuruan pada Kamis, 16 November 2023. Akibatnya, 4 prajurit TNI AU meninggal dunia, yaitu Marsma TNI (Anumerta) Subhan; Marsma TNI (Anumerta) Widiono; Kolonel Pnb (Anumerta) Sandhra Gunawan; dan Letkol Pnb (Anumerta) Yuda A. Seta.

Keempat prajurit itu mengawaki 2 pesawat Super Tucano asal Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh Malang. Sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengabdian mereka, negara memberikan kenaikan pangkat luar biasa (KPLB), naik setingkat lebih tinggi.