Ratusan Orang Dengan Paspor Asing Meninggalkan Gaza Menuju Mesir

by -136 Views

Rabu, 8 November 2023 – 08:02 WIB

Gaza – Ratusan pemegang paspor asing, termasuk warga negara Palestina yang memiliki kewarganegaraan ganda, telah berangkat dari Gaza melalui perbatasan Rafah menuju Mesir. Setidaknya 320 warga asing telah memasuki Mesir dari Gaza pada hari Selasa setelah penyeberangan Rafah ditutup pada akhir pekan, menurut laporan kantor berita Reuters yang mengutip sumber-sumber Mesir.

Rafah ditutup pada hari Sabtu dan Minggu setelah adanya serangan Israel terhadap ambulans yang sedang menuju ke sana. Perbatasan tersebut dibuka kembali pada hari Senin dengan jumlah orang yang melewatinya terbatas, menurut laporan Reuters. Dari mereka yang menyeberang, hanya empat orang Palestina yang terluka dan akan menerima perawatan di Mesir, kata sumber medis kepada kantor berita tersebut.

Amerika Serikat telah membantu lebih dari 400 warga negaranya, penduduk tetap yang sah, dan orang-orang lain yang memenuhi syarat untuk meninggalkan Gaza sejak perang dimulai pada 7 Oktober 2023, kata juru bicara Departemen Luar Negeri. Sejumlah warga negara Kanada dan tanggungan mereka juga meninggalkan Gaza pada hari Selasa.

Lebih dari 100 warga negara Perancis dan tanggungan mereka telah dievakuasi dari Jalur Gaza, kata Kementerian Eropa dan Luar Negeri Perancis. Sementara itu, 100 warga Mesir telah melewati Rafah, kata sumber keamanan Mesir, sementara Kementerian Luar Negeri dan Ekspatriat Yordania mengatakan 262 warga Yordania telah dievakuasi dari 569 warga yang terjebak di Gaza.

Berikut adalah sederet potret menarik yang bisa Anda lihat saat para pemegang paspor memilih untuk meninggalkan Gaza menuju Mesir.

Dokter Mohammad Abu Namoos, yang memilih tinggal di Gaza untuk merawat pasien, mengucapkan selamat tinggal kepada putrinya Dina sebelum dia meninggalkan Jalur Gaza melalui perbatasan Rafah.

Setidaknya 320 warga negara Palestina dan orang asing memasuki Mesir dari Gaza pada 7 November 2023, kata pejabat Mesir.

Seorang penjaga perbatasan Palestina memeriksa dokumen warga Palestina yang berkewarganegaraan ganda dan orang asing di Gaza saat mereka menunggu untuk menyeberang ke Mesir.

Seorang anak balita di Gaza berjalan di antara bagasi ketika warga Palestina dengan paspor asing menunggu izin meninggalkan Gaza. Selain itu, ada juga seorang wanita memegang paspor Mesirnya sambil menunggu izin meninggalkan Gaza.

Paramedis Mesir memindahkan seorang wanita Palestina yang terluka di sisi Mesir di perbatasan Rafah yang melintasi Jalur Gaza.

Halaman Selanjutnya
Source: Aljazeera.com