Jokowi Menjamin Tidak Ada Masalah dalam Persiapan Upacara 17 Agustus di IKN

by -111 Views

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan langsung lapangan upacara di Istana Presiden di Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis, 29 Februari 2024. Tujuan peninjauan ini adalah untuk memeriksa kesiapan pelaksanaan Upacara Peringatan ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2024.

Hingga saat ini, Jokowi menyatakan bahwa tidak ada masalah terkait pembangunan infrastruktur di IKN. Oleh karena itu, dia memastikan bahwa persiapan pelaksanaan upacara hari kemerdekaan pada 17 Agustus 2024 sudah direncanakan secara detail.

“Sampai hari ini tidak ada masalah. Fisiknya sudah baik dan acara juga sudah direncanakan dengan detail sejak bulan Januari dan hampir final,” kata Jokowi.

Terkait pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke IKN, Jokowi menyatakan bahwa proses tersebut akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan penyiapan fasilitas pendukungnya. Dia juga menekankan pentingnya memiliki perumahan, sekolah, dan rumah sakit untuk masyarakat ASN yang akan pindah ke IKN.

Meskipun demikian, Jokowi optimis bahwa dalam satu dekade ke depan, IKN akan menjadi kota yang hidup. “Kami perkirakan dalam 10 tahun, kota ini akan menjadi kota yang hidup dan dihuni oleh masyarakat kita,” ucapnya.