Simulasi 3 Calon Wakil Presiden, Gibran Memiliki Dukungan Tertinggi

by -129 Views

Kamis, 23 November 2023 – 19:40 WIB

Jakarta – Polling Institute telah menemukan temuan menarik terkait dinamika elektoral terkini. Menurut survei Polling Institute, cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, merupakan yang paling banyak dipilih oleh responden.

Peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim, menjelaskan bahwa temuan survei mereka menyangkut simulasi 3 cawapres. Hasil survei menunjukkan bahwa dalam simulasi 3 calon wakil presiden, Gibran mendapatkan dukungan tertinggi, yaitu mencapai 40,2 persen, diikuti oleh Mahfud MD dengan 25,8 persen, dan Muhaimin Iskandar dengan 19,9 persen.

Dalam survei tersebut, terdapat juga 14,1 persen responden yang tidak tahu atau tidak menjawab. Menurut Kennedy, kehadiran Gibran sebagai cawapres membantu elektoral capres Prabowo Subianto, karena dukungan dari suara anak-anak muda juga menguat.

Polling Institute juga membedah jenjang kelompok umur dalam survei tersebut. Ditemukan bahwa sebagian dari mereka yang berusia 21 tahun ke bawah atau sudah memiliki hak untuk memilih menyatakan dukungan terhadap pasangan Prabowo-Gibran.

Versi hasil survei menunjukkan bahwa sebanyak 66 persen pemilih muda mendukung pasangan capres cawapres yang diusung Koalisi Indonesia Maju. Survei tersebut dilakukan dalam kurun waktu 15-17 November 2023 dengan melibatkan 1.496 responden.

Angka tingkat kesalahan atau margin of error dalam survei diperkirakan kurang lebih 2,6 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.