PDIP Memilih Fokus Menyertakan Ridwan Kamil Di Pilgub Jakarta sebagai Calon Gubernur atau Wakil Gubernur

by -57 Views

Senin, 5 Agustus 2024 – 10:39 WIB

Jakarta, VIVA – Nama Ridwan Kamil semakin kuat diusung dalam Pilgub Jakarta. Setelah Golkar justru mengusung Dedi Mulyadi untuk maju dalam Pilgub Jawa Barat. Dedi adalah kader Partai Gerindra. Dengan demikian, selain Anies Baswedan, satu nama yang kemungkinan akan bertarung dalam Pilkada Jakarta adalah Ridwan Kamil.

Mulai menyusutnya daftar nama calon dalam pilkada tersebut, bagi PDIP tetap akan fokus untuk menyiapkan kader mereka. Juru Bicara PDIP, Chico Hakim, mengaku bahwa untuk Jakarta, PDIP sedang menyusutkan satu nama kader mereka. Meskipun Golkar kemungkinan akan mengusung mantan Gubernur Jawa Barat tersebut.

“Khusus untuk Jakarta, saat ini kami terus berusaha untuk menyusutkan satu nama dari internal kader untuk kami usung sebagai cagub atau cawagub,” kata Chico saat dikonfirmasi, Senin, 5 Agustus 2024.

Hasil survei terbaru dari beberapa lembaga seperti Indokator Politik Indonesia hingga Litbang Kompas menempatkan 3 nama teratas. Yakni Anies Baswedan di posisi pertama, disusul oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dan juga Ridwan Kamil.

Chico menyatakan bahwa partainya sedang berkomunikasi dengan partai politik lain untuk menjelajahi peluang kerja sama dalam Pilkada Jakarta.

“Kita akan melihat bagaimana pembicaraan dan komunikasi dengan partai politik yang akan bersama-sama mengusung pasangan calon dalam Pilkada Jakarta,” kata Chico.

Meskipun demikian, ia mengapresiasi keputusan Golkar yang akan mengusung RK dalam Pilkada Jakarta dan mengusung kader Gerindra, Dedi Mulyadi dalam Pilkada Jawa Barat. Lebih lanjut, Chico menambahkan bahwa partai berlogo banteng moncong putih ini masih terus menjalin komunikasi dengan partai lain dan tokoh politik seperti Anies Baswedan.

“Kita tunggu keputusan Ibu Megawati Soekarnoputri, siapa yang akan kami usung dan kerjasama politik dengan partai mana serta sebagai gubernur atau cawagub,” tambahnya.

Dalam Pilkada Jakarta, selain Jawa Barat dan Jawa Tengah, Koalisi Indonesia Maju atau KIM menyebut kemungkinan adanya KIM Plus. Hal ini berarti, dalam Pilkada Jakarta ini tidak menutup kemungkinan bahwa KIM yang terdiri dari partai-partai yang mendukung Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024, akan berkoalisi dengan partai lain di luar KIM.

Golkar, Gerindra, PAN, Demokrat, Partai Gelora, PSI, PBB, Partai Prima, dan Partai Garuda adalah partai yang tergabung dalam KIM.