Mayoritas Pemilih PDIP Memilih Bobby Nasution Menurut Survei LSI

by -108 Views

Minggu, 28 Juli 2024 – 18:50 WIB

Jakarta – Mayoritas pemilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP, memberikan dukungan mereka kepada Bobby Afif Nasution dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Utara. Bobby dikenal sebagai mantan kader partai tersebut.

Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI), sebanyak 62,2 persen memilih Bobby, sementara 14,6 persen akan memilih Nikson Nababan yang juga merupakan kader PDIP. Sedangkan 14,0 persen akan memilih Edy Rahmayadi.

“Pemilih PDIP untuk saat ini masih cenderung memilih Bobby. Kemungkinan pemilih PDIP masih memiliki kenangan saat Bobby masih menjadi kader PDIP,” kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, pada Minggu, 28 Juli 2024.

Dukungan mayoritas pemilih PDIP diduga beralih ke Bobby karena partai tersebut belum mengumumkan sosok yang akan mereka usung dalam Pilkada Sumatera Utara. Selain PDIP, mayoritas pemilih partai lain juga mengarahkan dukungannya kepada Bobby, seperti Partai Golkar dan Gerindra. Di mana 71,8 persen dari pemilih Gerindra pasti memilih Bobby, dan 57,3 persen dari pemilih Golkar memilih Bobby.

“Pemilih Partai Golkar, meskipun belum dominan, cenderung lebih banyak memilih Bobby. Namun, menariknya adalah 35 persen memilih Edy Rahmayadi,” ujar Djayadi.

Survei tersebut dilakukan terhadap 800 responden dengan metode multistage dan toleransi kesalahan ±3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling. Responden berasal dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara yang didistribusikan secara proporsional. Wawancara tatap muka dilakukan oleh pewawancara yang telah dilatih kepada responden terpilih.