Polri Memecahkan 2 Rekor Muri dalam Pagelaran Wayang Kulit dan Melibatkan UMKM dalam Perayaan HUT ke-78 Bhayangkara

by -23 Views

Sabtu, 6 Juli 2024 – 07:00 WIB

Jakarta – Polri berhasil memperoleh dua rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) pada Jumat 5 Juli 2024. Polri mendapatkan rekor tersebut secara bersamaan.

Penghargaan dua rekor tersebut diberikan kepada Polri untuk kategori menggelar wayang kulit dengan peragaan Wayang Nusantara terbanyak dan perayaan HUT ke-78 Bhayangkara dengan melibatkan 6.000 UMKM.

Kemudian, perwakilan dari Muri yaitu Senior Manager Muri, Awang Rahardjo memberikan piagam penghargaan rekor Muri Pagelaran Wayang Nusantara terbanyak kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan piagam penghargaan rekor Muri yang melibatkan UMKM terbanyak kepada Kabareskrim Komjen Wahyu Widada.

Sementara itu, Ketua Panitia Pagelaran Wayang Kulit Karowatpres SSDM Polri Brigjen Pol Anwar menjelaskan bahwa pagelaran wayang kulit ini sudah sering dilakukan. Ia menyebut Polri juga turut menampilkan peragaan Wayang Nusantara.

“Ada 10 jenis wayang ada Wayang Golek, Wayang Purwa wayang Palembang sehingga kita dapat penghargaan MURI,” ujar Brigjen Anwar kepada wartawan.

Selain itu, dalam Hari Bhayangkara ke-78, Brigjen Anwar menjelaskan Polri ingin memajukan dan menumbuhkan ekonomi masyarakat dengan mengundang 6.000 UMKM.

“Dalam pagelaran wayang kulit Kapolri dan seluruh pejabat utama (PJU) Mabes Polri dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menggunakan Surjan yang merupakan baju adat dari Jawa Tengah khususnya Yogyakarta. Tampak hadir Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin dan perwakilan kementerian/lembaga lainnya.”