Pembangunan IKN Berhenti Sementara Seminggu Sebelum Peringatan HUT RI

by -41 Views

Sabtu, 6 Juli 2024 – 16:40 WIB

Jakarta – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) akan dilaksanakan di dua tempat, yakni di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Negara Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara di IKN, sedangkan Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin memimpin upacara di Istana Negara Jakarta.

Baca Juga :

Lowongan CPNS IKN Dibuka Bulan Juli-Agustus, Tertarik Pindah ke Ibu Kota Baru?

Menjelang upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 mendatang, pekerjaan konstruksi di IKN akan dihentikan sementara waktu. Informasi tersebut disampaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Tugas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN.

“Kita estimasi seminggu sebelum upacara (17 Agustus) sudah tidak ada aktivitas walaupun ada beberapa pekerjaan minor. Tapi yang mobilisasi, truk dan sebagainya Insya Allah tanggal 10 Agustus sudah kita hentikan,” kata Ketua Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur , KN Danis Hidayat Sumadilaga di Jakarta, Jumat (5/7/24).

Baca Juga :

PUPR: Pemasangan Bilah Sayap Garuda di Kantor Presiden IKN Rampung Pekan Depan

Presiden Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono saat meninjau Bendungan Sepaku Semoi, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa, 25 Oktober 2022.

Presiden Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono saat meninjau Bendungan Sepaku Semoi, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa, 25 Oktober 2022.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa progres pembangunan IKN mencapai 82 persen karena telah dilakukan pembangunan infrastruktur utama seperti jaringan jalan, air bersih, dan sistem energi.

Baca Juga :

Raja Juli Optimis Basuki Bisa Selesaikan Pembangunan IKN untuk Upacara HUT ke-79 RI

Basuki juga mengungkapkan bahwa hampir semua bangunan, termasuk Istana Presiden, kantor-kantor menteri, dan rumah jabatan ASN, telah mencapai tingkat kematangan. Pembangunan ini diharapkan selesai pada pertengahan Juli 2024, setelah selesainya konstruksi beberapa fasilitas utama.

Meskipun pekerjaan konstruksi dihentikan sementara, menurut Danis para pekerja proyek tidak akan dipulangkan. Kementerian PUPR akan memberikan kegiatan alternatif seperti pelatihan sertifikasi.

Sementara itu, pekerja administrasi dan staf kantor akan tetap bekerja seperti biasa, karena penghentian pekerjaan konstruksi hanya berlangsung selama enam hari hingga upacara 17 Agustus 2024 di IKN selesai.

“Ada yang tetap di situ, kemudian kita akan manfaatkan. Kalau yang bekerja di dalam ruangan tidak apa-apa, seperti di kantor atau office. Kalau yang harus di luar ruangan kita akan adakan acara sendiri seperti olahraga, semacam pelatihan sertifikasi, kita manfaatin supaya tidak diam. Karena cuma beberapa hari ya, enam hari,” ungkap Danis.

HUT RI Ke-79 di IKN dilaksanakan dengan upacara penyambutan. Acara tersebut berfungsi sebagai upacara transisi untuk menyambut ibu kota baru. Setelah pelaksanaan HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus mendatang, pemerintah berencana mengadakan upacara kemerdekaan tahun 2025 sepenuhnya di IKN.

Halaman Selanjutnya

Sumber : VIVA.co.id/Fikri Halim

Halaman Selanjutnya