Imbauan kepada Jemaah Haji: Jangan Menyebar Kabar Tidak Benar di Media Sosial untuk Mencegah Informasi yang Tidak Jelas

by -50 Views

Sabtu, 27 April 2024 – 02:08 WIB

VIVA Nasional – Arus informasi yang berkembang dalam dunia media sosial saat ini begitu deras dan cepat disajikan kepada netizen di dunia maya. Fenomena ini juga menarik perhatian banyak penggiat media sosial, termasuk dalam musim haji tahun 2024 ini.

Ya, berbagai kabar dan informasi mengenai penyelenggaraan ibadah haji 1445 H juga akan memenuhi lini masa dunia media sosial sepanjang perjalanan musim haji tahun ini.

Berbagai informasi, baik menarik atau menginspirasi, sering kali menjadi viral dan menjadi perbincangan hangat di dunia maya. Yuk lanjutkan membaca artikel selengkapnya di bawah ini.

Hal ini juga menarik perhatian Kementerian Agama yang berperan penting dalam kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji.

Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Arsad Hidayat, menyampaikan pandangannya.

Menurutnya, jemaah haji diminta untuk tidak sembarangan membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

“Informasi cepat menjadi viral di tanah air. Ada penggiat media sosial yang pergi ke Arab hanya untuk mencari pengikut yang banyak. Mohon kepada jemaah untuk tidak cepat membagikan informasi kejadian di Arab Saudi,” ungkap Arsad Hidayat saat menghadiri Edukasi Media Center Haji (MCH) di Jakarta, Jumat 26 April 2024.

Arsad juga menekankan pentingnya edukasi kepada jemaah dalam menghadapi kendala dan permasalahan selama pelaksanaan ibadah haji. Dia menyarankan jemaah untuk segera melaporkan kepada ketua kloter atau PPIH agar dapat dicarikan solusi.

“Ibu PPIH Kloter dan Embarkasi juga harus memberikan edukasi kepada jemaah terkait hal ini. Edukasi kepada jemaah juga penting, jika ada masalah sampaikan saja. Salah satu upayanya adalah edukasi,” terangnya.