Mayoritas Penerima Bansos Dukung Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024 Menurut Survei LSI

by -81 Views

Minggu, 25 Februari 2024 – 23:00 WIB

Jakarta – Lembaga Survei Indonesia, mengungkap mayoritas penerima bantuan sosial atau bansos dari pemerintah, mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 2 di Pilpres 2024, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, mengatakan ada 24 persen responden yang mengaku menerima bansos dari pemerintah. Mayoritas dari 24 persen itu pun mengatakan memberikan dukungan untuk Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

“Dikaitkan dengan tingkat dukungan kepada capres di kalangan yang menerima bansos, yang 24 persen tadi, 69% mendukung 02,” kata Djayadi dalam konferensi pers secara virtual, Minggu, 25 Februari 2024.

“Jadi di kalangan penerima bansos itu dukungannya paling banyak cenderung ada di pasangan 02,” sambungnya.

Djayadi melanjutkan, di kalangan masyarakat yang tidak menerima bansos juga mayoritas memberi dukungan untuk Prabowo-Gibran. Mayoritas pemilih Prabowo-Gibran dari kalangan non-penerima bansos itu sebesar 54 persen.

“Tapi di kalangan yang tidak menerima bansos, dukungannya juga mayoritas paling banyak di pemilih 02, yaitu 54 persen,” jelasnya.

Sedangkan pasangan capres-cawapres nomor urut 1, yakni Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) memperoleh dukungan 28,2 persen dan nomor urut 3, Ganjar Pranowo – Mahfud MD menerima 17,8 persen.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada periode 19-21 Februari 2024. Dengan menggunakan metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Responden yang dipilih sebanyak 1211 responden melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen asumsi simple random sampling.