Hatta Rajasa Meminta Perpanjangan Waktu Debat Capres-cawapres Agar Lebih Efektif

by -115 Views

Sabtu, 2 Desember 2023 – 09:46 WIB

Jakarta – Ketua Majelis Penasihat Partai Amanat Nasional (PAN), Hatta Rajasa, meminta perpanjangan waktu pada debat kampanye calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2024. Baginya, jika moderator membatasi waktu terlalu sempit, maka debat capres-cawapres akan mirip dengan cerdas cermat.

“Menurut saya, sebaiknya moderator itu tidak membatasi waktu terlalu sempit, karena rakyat ingin mendengar apa gagasannya. Jangan hanya bicara lima menit, kan ini bukan acara cerdas cermat,” kata Hatta kepada wartawan di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu, 2 Desember 2023.

Hatta berharap waktu debat capres-cawapres bisa diperpanjang. Menurutnya, para capres-cawapres akan membicarakan gagasan-gagasan untuk Indonesia di masa depan.

“Jangan terlalu ketat, walaupun tentu ada batasan waktu, tapi jangan terlalu ketat, karena yang dibicarakan bukan hal sepele, tapi mengenai gagasan Indonesia ke depan ini seperti apa,” jelasnya.

Jadwal Debat Capres-Cawapres 2024
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI merilis jadwal debat capres dan cawapres 2024. Debat keseluruhan akan diadakan lima kali, dan debat pertama akan digelar pada 12 Desember 2023.

Dalam rilis terbaru, ada penyesuaian jadwal debat keempat yang awalnya akan digelar pada 14 Januari 2024, namun diganti menjadi 21 Januari 2024.

Semua debat capres dan cawapres akan dilakukan di Jakarta. KPU menilai ada beberapa faktor debat tidak digelar di luar Jakarta, salah satunya terkait mobilisasi.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengungkapkan bahwa debat pertama akan digelar di kantor KPU RI. Berikut jadwal debat capres-cawapres terbaru dari KPU:
Selasa, 12 Desember 2023
Jumat, 22 Desember 2023
Minggu, 7 Januari 2024
Minggu, 21 Januari 2024
Minggu, 4 Februari 2024

Sumber: [VIVA.co.id](https://www.viva.co.id/)