Mahfud Bertugas sebagai Cawapres dan Bertemu Jokowi Lagi saat Mudik ke Pamekasan

by -112 Views

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD mengungkapkan bahwa dia bertemu dengan Jokowi ketika hendak berziarah ke makam ayahnya di Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Mahfud diketahui pulang ke kampung halamannya di Pulau Madura, Jawa Timur, pada Sabtu, 18 November 2023. Dia menuliskan bahwa dia berjumpa dengan Pak Jokowi di Madura tadi siang ketika hendak menyekar makam ayahnya di Dusun Plakpak, Pamekasan.

Dia menceritakan bahwa awalnya Jokowi melemparkan senyum kepadanya, dan kemudian Mahfud pun membalas senyum Jokowi tersebut.
Namun, ternyata Jokowi yang dimaksud oleh Mahfud adalah seorang personel Polri yang tengah bertugas mengawal kedatangannya dalam agenda ziarah makam tersebut.

Mudik kali ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan Mahfud sejak ditetapkan sebagai calon Wakil Presiden (Cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo yang mendapat nomor urut tiga. Kunjungan Mahfud ke Madura kali ini statusnya sebagai calon wakil presiden, bukan kunjungan kerja sebagai Menko Polhukam. Karenanya, kunjungan dilakukan pada hari Sabtu, bukan pada hari kerja.

Pasangan Ganjar dan Mahfud diusung sebagai calon presiden dan calon wakil presiden 2024 oleh sejumlah partai politik, yaitu PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo. Mereka mendapatkan nomor urut 3 pada Pemilu Presiden 2024 mendatang.

Dengan begitu, kunjungan ke Madura tersebut menjadi momen spesial bagi Mahfud karena sekaligus untuk bertemu dengan Jokowi dan juga untuk berziarah ke makam ayahnya.