InJourney Incar Perputaran Ekonomi Rp 1,7 Triliun dari Gelar Kejuaraan Dunia Jetski 2023

by -102 Views

Selasa, 31 Oktober 2023 – 19:05 WIB

Jakarta – Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pariwisata dan Pendukung yaitu PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, akan menyelenggarakan kejuaraan dunia balap jetski World Aquabike Jetski Championship 2023 pada 22-26 November 2023, di Danau Toba, Sumatera Utara.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono mengatakan pihaknya telah menargetkan perputaran uang hingga mencapai Rp 1,7 triliun lebih, dari perhelatan balap jetski selama 5 hari tersebut. “Untuk targetnya Rp 1,7 triliun secara nasional,” kata Maya dalam konferensi pers di kantor Kemenko Marves, Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2023.

Dia menjelaskan, target Rp 1,7 triliun lebih itu didasarkan pada kisaran perputaran uang, yang dihasilkan dari penyelenggaraan event balap sebelumnya, yaitu penyelenggaraan Formula One Powerboat World Championship (F1 H2O).

“Yang lalu kan secara nasional Rp 1,7 triliun, lokalnya sekitar Rp 400 miliar. Jadi kita harus lebih dari itu. Terutama di lokal, kita ingin proporsi lokalnya yang lebih besar,” ujarnya.

Dia memastikan, dibandingkan dengan beberapa ajang sport tourism sebelumnya, parameter penilaian dalam ajang balap kali ini akan ditambah oleh pihak InJourney. “Iya, parameternya juga akan kita tambah. Akan kita standarisasi untuk seluruh destinasi,” kata Maya.

Terkait dengan target sponsorship, Maya menjelaskan bahwa sebenarnya hal itu lebih cenderung ke impact secara ekonomi, dari penyelenggaraan event itu sendiri. Namun, Dia mengaku bahwa pihaknya masih perlu menghitung lebih detil mengenai target-target tersebut. “(Soal sponsorship) itu lebih ke economy impact yang didapatkan dari akomodasi, ritel, FnB, UMKM, tenaga kerja, flight, itu perputaran uang yang ada,” kata Maya.

“Kalau soal target sponsorship-nya, ini kita masih menghitung juga kebutuhan untuk hosting maupun hal lainnya. Itu masih disesuaikan kebutuhannya,” ujarnya.