Gerindra: PKB Tidak Diajak Membahas Kabinet Prabowo karena Itu Hak Prerogatif Presiden

by -21 Views

Sabtu, 14 September 2024 – 17:28 WIB

Jakarta, VIVA – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra menanggapi pernyataan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang mengaku tidak dilibatkan dalam pembahasan susunan kabinet Prabowo-Gibran.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan, penyusunan kabinet sepenuhnya merupakan hak prerogatif Presiden terpilih Prabowo Subianto.

“Jadi memang susunan menteri adalah hak prerogatif Presiden terpilih yang melakukan simulasi-simulasi,” kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu, 14 September 2024.

Meskipun demikian, Dasco menegaskan bahwa Prabowo pasti akan melibatkan partai koalisi jika ingin membahas komposisi kabinet.

Namun, Dasco juga menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada pembahasan khusus bersama partai koalisi mengenai komposisi kabinet. “Tetapi pada saatnya nanti akan diinformasikan kepada teman-teman ketua umum partai. Dan memang hingga saat ini belum,” ujarnya.

Sebelumnya, Cak Imin mengakui bahwa hingga saat ini dia belum mengetahui mengenai susunan Kabinet Prabowo-Gibran. Mengingat PKB tidak diundang dalam pertemuan-pertemuan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Cak Imin Ngaku Gak Diundang KIM Bahas Kabinet Prabowo: PKB Sama Sekali Tak Dilibatkan”