Sejarah dan Tujuan Peringatan Hari Introvert Sedunia yang Diperingati pada Tanggal 2 Januari

by -292 Views

Selasa, 2 Januari 2024 – 15:25 WIB

VIVA – Hari Ini adalah Hari Introvert Sedunia, yang diperingati setiap tanggal 2 Januari. Peringatan ini memiliki arti khusus bagi individu yang lebih memilih kesendirian setelah minggu penuh pertemuan dan kegembiraan liburan pasca Tahun Baru.

Meskipun mungkin tidak selalu mencolok di kerumunan, introvert dapat menjadi individu yang menarik dengan keahlian bercerita mereka yang luar biasa. Mereka cenderung menyukai kesendirian untuk mengisi ulang energi dan menyusun pikiran mereka.

Tanggal 2 Januari dipilih sebagai Hari Introvert Sedunia untuk memberikan waktu dan ruang bagi mereka yang lebih memilih ketenangan. Setelah serangkaian perayaan dan liburan, hari ini menjadi momen bagi introvert untuk kembali ke diri mereka sendiri dan melakukan aktivitas sesuai dengan preferensi pribadi mereka.

Dilansir dari Hindustan Times, konsep introvert dan ekstrovert pertama kali diperkenalkan oleh psikolog Carl Jung pada tahun 1920-an, berdasarkan cara individu menghabiskan atau memperoleh energi.

Hari Introvert Sedunia atau dikenal juga World Introvert Day sendiri diciptakan oleh seorang psikolog Jerman bernama Felicitas Heyne, yang secara reguler menulis tentang introversi. Dia merasa bahwa introvert pantas mendapatkan hari yang tenang setelah serangkaian perayaan yang dimulai dengan Thanksgiving atau Natal dan berakhir di Hari Tahun Baru.

Tujuan dari Hari Introvert Sedunia ini diperingati adalah memberikan kesempatan bagi introvert untuk mengisi ulang energi dan mempersiapkan diri untuk hari-hari mendatang.

Sebagai introvert, kamu mungkin akan merayakan hari ini jika dirimu lebih fokus saat sendirian, mengambil waktu untuk membuat keputusan, memiliki kesadaran diri, memiliki sedikit tapi dekat persahabatan, mencintai dengan penuh gairah, tidak suka pekerjaan kelompok, dan menikmati waktu sendirian.

Jenis introvert yang berbeda melibatkan preferensi terhadap lingkungan yang tenang, dengan beberapa orang lebih suka dalam kelompok kecil, sementara yang lain membutuhkan ruang untuk pemikiran kreatif dan imajinasi.

Penting untuk diingat bahwa setiap individu unik, dan Hari Introvert Sedunia memberikan penghargaan untuk keberagaman gaya hidup dan preferensi seseorang. Ini adalah momen untuk merayakan diri sendiri, menyediakan waktu untuk kegiatan pribadi, dan memahami keunikan setiap orang dalam meresapi kehidupan sehari-hari.