Profil Nurul Azizah, Polwan Cantik yang Resmi Menjadi Jenderal Bintang 1

by -131 Views

Jumat, 29 Desember 2023 – 11:34 WIB

Jakarta – Nurul Azizah mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Brigadir Jenderal atau Jenderal Bintang 1 setelah sebelumnya berpangkat Komisaris Besar 3 Melati. Kenaikan pangkat tersebut terjadi saat Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara kenaikan pangkat.

Dalam upacara kenaikan pangkat tersebut, setidaknya ada 45 polisi yang mendapatkan kenaikan pangkat, termasuk Nurul Azizah yang kini menjadi Jenderal Bintang 1. Hal tersebut diumumkan oleh Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho.

Profil lengkap dari Brigjen Dr. Nurul Azizah, S.I.K, M.Si adalah, ia lahir pada 5 November 1972 di Semarang, Jawa Tengah. Sebelumnya, Nurul Azizah menjabat sebagai Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri sejak pertengahan 2022. Dia adalah polisi wanita pertama yang dipercaya menjadi juru bicara Mabes Polri.

Saat ini, Nurul Azizah menjabat sebagai Direktur Program (Dirprog) Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lemdiklat Polri. Pada tahun 1992, Nurul Azizah mengikuti kursus Dasba Operator Komputer Hankam. Kemudian pada tahun 1994, ia melanjutkan pendidikan D3 di Ilmu Kepolisian dan lulus pada tahun 1997.

Setelah lulus dari D3, tepatnya pada tahun 1998, Nurul Azizah melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Kepolisian (Setukpa) Polwan. Setelah lulus, ia langsung mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Letnan Dua.

Tidak hanya sampai di situ, ia juga menempuh pendidikan S1 di Sekolah Ilmu Kepolisian dan S2 di Universitas Indonesia serta lulus pada tahun 2013. Tak puas dengan pendidikan S2, ia pun melanjutkan ke S3 di Universitas Negeri Jakarta dan lulus pada tahun 2017.