Mengapa Warga Dua Negara Uni Eropa Ini Tidak Bahagia?

by -272 Views

Menurut Eurostat, warga Bulgaria adalah negara paling tidak bahagia di Uni Eropa pada tahun 2022. Hasil survei menunjukkan bahwa Bulgaria adalah satu-satunya negara di 27 negara Uni Eropa yang warganya mendapat nilai kurang dari 6 untuk kepuasan hidup secara keseluruhan. Jerman adalah negara paling tidak bahagia kedua dengan skor 6,5.

Di sisi lain, Austria menduduki peringkat pertama sebagai negara paling bahagia dengan skor rata-rata 7,9. Rumania (7,3) dan Polandia (7,8) juga termasuk di antara negara-negara yang paling bahagia, meskipun secara ekonomi dianggap termiskin. Hal ini menunjukkan bahwa uang bukanlah ukuran kebahagiaan yang paling penting.

Setiap tahun, Eurostat mengukur kebahagiaan sampel populasi di setiap negara anggota Uni Eropa dengan skala penilaian 0-10. Meskipun ada asumsi bahwa semakin kaya suatu negara, semakin bahagia masyarakatnya, hal ini tidak berlaku secara umum. Skor kebahagiaan Jerman turun, meskipun memiliki perekonomian yang kuat. Hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti stagnasi ekonomi, kegelisahan terkait perang di Ukraina, dan pertumbuhan imigrasi.

Faktor-faktor seperti usia, tingkat pendidikan, keluarga, dan situasi keuangan juga memiliki pengaruh terhadap tingkat kepuasan hidup masyarakat. Keamanan finansial tampaknya menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kebahagiaan, namun tidak selalu menjadi penentu utama.

Pola kepuasan hidup juga berbeda-beda di setiap negara anggota, namun secara umum tingkat pendidikan, keadaan finansial, dan faktor-faktor personal lainnya turut memengaruhi tingkat kebahagiaan masyarakat. Menariknya, rumah tangga yang memiliki anak dilaporkan sebagai rumah tangga yang paling bahagia, sedangkan rumah tangga yang memiliki satu orang adalah rumah tangga yang paling tidak bahagia.