Anies Baswedan, Calon Presiden Juga Memiliki Rencana Pembangunan Rumah Sakit Hewan

by -174 Views

Jumat, 8 Desember 2023 – 16:50 WIB

Jakarta – Calon presiden atau capres nomor urut 1, Anies Baswedan menilai di setiap wilayah harus memiliki rumah sakit hewan yang memadai. Hal itu dinyatakan Anies, saat jawab pertanyaan soal jaminan kesejahteraan hewan oleh anak muda Lampung, di acara Desak Anies Lampung.

“Menurut saya di semua tempat harus ada rumah sakit buat hewan yang memadai,” kata Anies di Lampung, dikutip Jumat, 8 Desember 2023.

Anies kemudian membagikan kisah kucing berkaki tiga nya, bernama Lego, yang baru saja menjalani perawatan di Rumah Sakit Hewan Jakarta di Ragunan, Jakarta Selatan.

“Kita-kira tiga minggu lalu dia berkelahi dengan kucing tetangga, dan ketika berantem dengan kucing tetangga itu pulang-pulang sudah berdarah-darah dan banyak sekali. Sampai akhirnya dibawakan ke RS Hewan di Ragunan,” kata Anies.

“Di Ragunan itu ada kebun binatang sekaligus RS untuk hewan, dia dirawat di situ, dirawat 5 hari hampir seminggu di sana untuk recovery,” sambungnya.

Di sisi lain, eks Gubernur DKI Jakarta itu paham keresahan masyarakat akan kesejahteraan hewan, apalagi biaya perawatan hewan tidaklah murah. Namun, ia belum melihat BPJS khusus hewan belum menjadi prioritas. Ia lebih setuju untuk menyediakan lebih banyak rumah sakit hewan.

“Saya nggak yakin kalau itu perlu BPJS. Menurut saya itu perlu ada RS nya, tapi bukan BPJS nya. Karena saya ngebayangin BPJS unit kucing, agak repot jadinya. Tapi saya setuju konsepnya untuk menyelamatkan makhluk, apalagi mahkluk peliharaan kita seperti menyelamatkan saudara-saudara kita sendiri,” jelasnya.