PLN Kolaborasi dengan Perusahaan Energi Arab Saudi untuk Membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung di Sumatera Barat dan Jawa Barat

by -105 Views

Kamis, 7 Desember 2023 – 11:51 WIB

Dubai – PT PLN (Persero) menandatangani Letter of Intent (LoI) dengan perusahaan energi asal Arab Saudi, ACWA Power untuk mengembangkan PLTS Terapung di dua lokasi. Yakni di Danau Singkarak, Sumatera Barat, dan di Waduk Saguling, Jawa Barat.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, LoI yang ditandatangani di sela Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP28) Dubai adalah tindak lanjut dari hal serupa yang juga dilakukan PLN beberapa waktu lalu di PLTS Terapung Cirata, Jawa Barat.

“Hal ini didasari oleh potensi surya di Indonesia yang besar, dan luas permukaan danau di Indonesia yang bisa digunakan untuk mengakselerasi Energi Baru dan Terbarukan (EBT),” kata Darmawan seperti dikutip dalam keterangannya, Kamis, 7 Desember 2023.

Darmawan berharap, proyek ini akan mampu memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam pengembangan bisnis EBT di Indonesia.

Dengan telah dilakukan studi kelayakan dan pengurusan perizinan, pembangunan PLTS terapung ini pun telah dinyatakan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN).

PLTS Terapung Singkarak rencananya akan berdiri di atas 0,26 persen, dari total luas Danau Singkarak. Dengan kapasitas 77 megawatt peak (MWp), nantinya listrik akan disalurkan melalui interkoneksi 150 kiloVolt (kV).

“Diharapkan mampu memenuhi kebutuhan listrik bersih di sistem Sumatera, dan mendorong pertumbuhan industri serta perekonomian di Sumatera,” ujar Darmawan.

Sementara itu, PLTS Terapung Saguling akan menggunakan 1,69 persen total luas permukaan waduk Saguling, di Jawa Barat. Dengan kapasitas hingga 92 MWp, nantinya energi listrik yang dihasilkan akan dialirkan melalui interkoneksi 150 kV ke sistem kelistrikan Jawa, Madura, dan Bali.