PKS Mengakui Popularitas Suswono Rendah: Namun Ridwan Kamil Paling Unggul

by -4 Views

Kamis, 19 September 2024 – 14:18 WIB

Jakarta, VIVA – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merespons hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) terhadap pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub-cawagub) Jakarta yang mengikuti kontestasi Pilkada Jakarta 2024.

Dari survei tersebut, popularitas ataupun tingkat keterpilihan bakal cawagub Jakarta sekaligus politikus senior PKS, Suswono menempati posisi terendah dibandingkan yang lainnya. PKS pun mengakui hasil survei tersebut.

“Popularitas maksudnya? Ya popularitas Pak Suswono memang paling kecil,” kata Juru Bicara PKS, Ahmad Mabruri kepada wartawan di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Kamis, 19 September 2024.

Meski begitu, dia menyebut popularitas dan tingkat keterpilihan Ridwan Kamil (RK) sebagai pasangan Suswono sangat tinggi. Hal inilah yang kemudian mendorong pasangan RK-Suswono menempati posisi teratas dalam survei dibandingkan bakal cagub-cawagub lain.

“Tapi pasangannya Pak RK tentu lebih besar dari beliau dan di survei-survei yang terakhir pasangan RK-Suswono insyaallah menempati posisi teratas,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terkait elektabilitas pasangan bakal calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta 2024. Dari temuan survei LSI, pasangan Ridwan Kamil dan Suswono (RIDO) unggul dari dua rivalnya, Pramono Anung-Rano Karno dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Tingkat keterpilihan RK-Suswono mencapai 51,8 persen.

“Sedangkan, pasangan Pramono Anung dan Rano Karno 28,4 persen. Dharma dan Kun 3,2 persen,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, dalam konferensi pers secara virtual, Rabu, 18 September 2024.

Sementara, sebanyak 12,8 persen responden belum menentukan pilihannya. Kemudian, kata dia, sebanyak 3,9 persen tak ikut memilih atau golput.

Jajak pendapat itu juga menguraikan simulasi tingkat keterpilihan masing-masing enam figur. Hasilnya, RK unggul dengan tingkat keterpilihan 44 persen.

Lalu, Rano dapat 16 persen; Pramono 10,5 persen; Dharma 1,5 persen; Kun 0,4 persen; dan Suswono 0,2 persen. Sementara, figur lain yang dipilih 5,9 persen; golput 4,8 persen; dan belum menentukan sebanyak 16,8 persen.

Adapun dalam simulasi tiga figur, tingkat keterpilihan RK masih unggul. Jumlahnya yaitu 53,9 persen.

“Ketika sendiri, Ridwan Kamil dipilih oleh 53,9 persen, kemudian ketika dipasangkan sebagai pasangan RK-Suswono itu kurang tidak terlalu berubah, ada (hampir) 52 persen,” ujarnya.

Kemudian, Pramono memperoleh 20,8 persen dan Dharma 3,3 persen. Responden golput sebanyak 5,2 persen dan belum menentukan 16,8 persen.

“Yang menarik, ketika Pramono Anung dan Rano Karno digabungkan, suara Pramono Anung yang kalau sendiri hanya memperoleh 20 persen, ketika digabungkan dengan Pramono itu menjadi 28 persen,” jelas Jayadi.

“Jadi, kita bisa melihat di sini ada pengaruh yang cukup besar dari Rano Karno sebagai cawagub dari Pramono Anung,” jelasnya.