Mengungkap Visi Misi 3 Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta

by -15 Views

KPU baru saja merilis dokumen visi dan misi dari tiga pasangan calon yang akan berlaga dalam Pilgub DKI Jakarta. Pasangan calon tersebut adalah Ridwan Kamil-Suswono, Pramono Anung-Rano Karno, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Dokumen visi dan misi Ridwan Kamil-Suswono memiliki halaman terbanyak dibandingkan dengan kedua pasangan lainnya. Dokumen ini memiliki tebal 65 halaman, jauh lebih banyak dari pasangan lainnya.

Ridwan Kamil-Suswono mengusung visi ‘Jakarta Kota Global yang Maju, Berdaya Saing, dan Berkelanjutan’. Mereka memiliki lima strategi utama dan lima misi fokus untuk mewujudkan visi tersebut. Pasangan Pramono Anung-Rano Karno memiliki visi ‘Menuju Provinsi DKJ sebagai Pusat Perekonomian Nasional dan Kota Global Berdaya Saing untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat yang Berkeadilan dan Berkelanjutan’. Mereka juga memiliki empat misi sebagai pedoman.

Dharma Pongrekun-Kun Wardana mengusung visi ‘Menjadikan Jakarta sebagai Pusat Perekonomian Nasional dan Global yang Aman melalui Reformasi Jati Diri demi Terwujudnya Rakyat yang Beradab, Harmoni, Mandiri, Makmur, dan Bahagia’. Meskipun dokumennya tipis, visi yang diusung cukup ambisius dengan fokus pada reformasi regulasi dan tata kelola kota serta inovasi dalam penataan ruang.

Dengan tiga pasangan calon yang menawarkan visi misi yang berbeda, warga Jakarta memiliki pilihan yang beragam untuk Pilgub Jakarta 2024.