Cara Ini Akan Digunakan Menkumham Supratman untuk Mengatasi Over Kapasitas Lapas yang Diminta oleh Jokowi

by -35 Views

Rabu, 4 September 2024 – 16:33 WIB

Jakarta, VIVA – Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas mengungkit lagi soal permasalahan kelebihan kapasitas pada lembaga permasyarakatan atau lapas di Indonesia. Kata dia, Presiden Joko Widodo memberikan perhatian terkait masalah itu.

Baca Juga :

Menkumham Ngaku Teken SK Kepengurusan PKB Muktamar Bali: Kalau Tidak Salah, Sudah Ya

Bahkan, Supratman yang baru menjabat Menkumham menggantikan Yasonna Laoly itu mengaku pernah dipanggil secara khusus oleh Presiden Jokowi, untuk membahas soal kelebihan kapasitas lapas. Juga diminta untuk mencari solusi terbaik.

“Terkait over kapasitas lembaga permasyarakatan ya, ini pun juga over kapasitas juga memang menjadi atensi Presiden. Saya dipanggil khusus untuk membicarakan itu,” kata Supratman kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 4 September 2024.

Baca Juga :

Presiden Jokowi Sebut Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia Punya Pesan Kuat

Supratman mengungkap sejumlah cara untuk mengatasi permasalahan lebihnya kapasitas lapas. Salah satunya mengupayakan restorative justice untuk beberapa kasus tertentu. Restorative justice adalah pendekatan sistem peradilan yang berfokus pada upaya pemulihan, rekonsiliasi.

“Salah satu cara untuk mengatasi itu dalam waktu yang lebih singkat adalah lewat restorative justice. Kami akan melakukan koordinasi bersama dengan Pak Kapolri dan Pak Jaksa Agung untuk membicarakan supaya ada kesamaan persepsi kepada kedua lembaga yang mempunyai wewenang untuk melakukan itu,” ungkapnya.

Baca Juga :

Anak-Anak Berbaju Adat Nusantara Sambut Paus Fransiskus di Istana Merdeka

Lebih lanjut, Supratman juga ingin memastikan apakah upaya restorative justice itu dapat diterapkan secara langsung oleh penyidik atau perlu penetapan dari pengadilan di setiap kasusnya.

“Ya satu kategori, yang kedua apakah restorative justice itu perlu penetapan pengadilan atau cukup kebijakan dari penyidik di masing-masing institusi atau mungkin juga di tingkat penuntutan, kan itu yang menjadi persoalannya menyangkut restorative justice tadi,” pungkas Supratman.

Rocky Gerung dan Silfester Matutina

5 Fakta Tentang Silfester Matutina, Pria yang Ngamuk saat Debat dengan Rocky Gerung

Perdebatan sengit antara Pengamat Politik Rocky Gerung dan Ketua Umum Solidaritas Merah Putih (Solmet), Silfester Matutina, kini menjadi pusat perhatian di media sosial.

img_title

VIVA.co.id

4 September 2024