Peta Koalisi Parpol Menjelang Pilkada 2024 di Pangandaran

by -48 Views

DAILYPANGANDARAN – Seiring dengan mendekati pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran, peta koalisi politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mulai memanas.

Beberapa partai politik (parpol) telah memberikan rekomendasi kepada salah satu pasangan calon. Dari 7 parpol yang saat ini memiliki kursi, mereka terbagi menjadi dua koalisi.

Koalisi pertama adalah PDI-PAN yang mengusung Citra Pritiyami dan Ino Darsono. Sedangkan koalisi kedua terdiri dari PKB, PKS, dan Gerindra yang mengusung Ujang Endin Indrawan dan Dadang Solihat (Okta).

Namun, menjelang H-3 pendaftaran, kedua pasangan tersebut belum melakukan deklarasi meskipun sudah menerima rekomendasi dari parpol.

Sementara itu, dua parpol yang berhasil mendapatkan kursi di Pangandaran, yaitu Golkar dan PPP, belum menentukan sikap. Golkar memiliki 5 kursi sementara PPP memiliki 2 kursi.

Meskipun demikian, KPU Pangandaran akan membuka pendaftaran untuk Bacabup-Bacawabup pada 27 hingga 29 Agustus 2024.

Dari dua kandidat calon yang telah mendapatkan rekomendasi, Citra-Ino diusung oleh dua parpol yang memiliki 20 kursi DPRD. Sementara pasangan Ujang-Dadang memiliki 13 kursi DPRD.

Dua Pasangan Cabup-Cawabup Belum Deklarasi

Sekretaris Jenderal DPC PDI Perjuangan Pangandaran, Riki Zulfikri, mengatakan bahwa partai belum memutuskan koalisi bersama dengan siapa dan belum melakukan deklarasi. “Belum, masing-masing calon masih sibuk dengan kegiatan masing-masing,” kata Riki, Sabtu (24/8/2024).

Sementara itu, PDI Perjuangan resmi memberikan rekomendasi untuk Citra-Ino yang diumumkan oleh Sekretaris Jenderal PDI, Hasto, pada Rabu (22/8/2024) lalu. Keduanya akan resmi diusung oleh PDI Perjuangan dan PAN.

Ketua DPC PKB Kabupaten Pangandaran, Otang Tarlian, mengonfirmasi bahwa Ujang Endin Indrawan akan berpasangan dengan Dadang Solihat dalam Pilkada ini.

Menurut Otang, Ujang Endin dan Dadang Solihat sudah menerima surat keputusan SK berupa B1.KWK. “Penyerahan (B1.KWK) dari Gerindra sudah diterima keduanya,” ucapnya.

Otang juga menjelaskan mengenai langkah PAN. PAN telah memberikan rekomendasi kepada Ino Darsono yang dipasangkan dengan Citra Pitriyami. “PKS tetap sama,” kata dia.

Terkait Golkar, Otang menyatakan bahwa pihaknya masih menunggu untuk memilih apakah akan bergabung atau memanfaatkan hasil putusan MK. “Jika bergabung dengan putusan MK, mereka dapat mengajukan satu paket calon,” ujarnya.

Source link