Pleno Partai Golkar Menetapkan Rapimnas dan Munas akan Dilaksanakan pada Tanggal 20 Agustus 2024.

by -73 Views

Selasa, 13 Agustus 2024 – 21:37 WIB

Jakarta, VIVA – Plt Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita, menyatakan bahwa partainya akan mengadakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Musyawarah Nasional (Munas) pada tanggal 20 Agustus 2024.

Munas adalah forum tertinggi di Partai Golkar. Salah satu tujuannya adalah untuk menentukan ketua umum partai secara definitif.

Rapimnas dan Munas telah disepakati dalam rapat pleno yang digelar di Kantor DPP Partai Golkar pada Selasa, 13 Agustus 2024 malam ini.

“Dalam rapat pleno tadi, telah diputuskan dan disepakati bahwa Rapimnas, insya Allah, akan diselenggarakan pada tanggal 20 Agustus mendatang,” kata Agus kepada wartawan di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat.

Agus mengatakan bahwa Rapimnas Partai Golkar akan diadakan pada pagi hari tanggal 20 Agustus 2024. Kemudian, pada malam harinya, acara akan dilanjutkan dengan pembukaan Munas ke-11 Partai Golkar.

“Pada tanggal 20 Agustus, kami rencanakan pembukaan Rapimnas di pagi hari. Kemudian, malam harinya, pada tanggal 20 Agustus akan ada pembukaan Munas ke-11 Partai Golkar yang juga telah disepakati untuk diselenggarakan di Jakarta,” jelas AGK.

Sebelumnya dilaporkan bahwa Partai Golkar telah menyelesaikan rapat pleno untuk menentukan Pelaksana Tugas (Plt) ketua umum partai yang menggantikan Airlangga Hartarto pada Selasa, 13 Agustus 2024 malam. Rapat pleno berlangsung selama sekitar 1,5 jam.

Ketua DPP Partai Golkar, Meutya Hafid, mengatakan bahwa dalam rapat pleno tersebut, partai menerima surat pengunduran diri dari Airlangga Hartarto. Selain itu, dalam rapat pleno juga disepakati bahwa Agus Gumiwang Kartasasmita akan menjadi Plt Ketua Umum Partai Golkar.

“Rapat pleno telah menetapkan bahwa Plt Ketua Umum adalah yang terhormat Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita,” ujar Meutya kepada wartawan di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, pada Selasa, 13 Agustus 2024.

Sementara itu, Agus Gumiwang mengatakan bahwa rapat pleno partai berjalan dengan musyawarah mufakat, yang menghasilkan pemilihannya sebagai Plt Ketua Umum Golkar menggantikan Airlangga.

“Dalam rapat pleno yang baru saja selesai secara musyawarah dan mufakat, saya diberikan amanah untuk memimpin Partai Golkar sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar,” kata Agus.