AS dan Mesir Memfasilitasi Percakapan Antara Hamas dan Israel untuk Gencatan Senjata

by -63 Views

Sabtu, 10 Agustus 2024 – 16:23 WIB

Kairo, VIVA – Pemimpin Qatar, Mesir, dan Amerika Serikat (AS), mengundang Israel dan Hamas untuk melanjutkan perundingan gencatan senjata, pada 15 Agustus 2024.

Ketiga negara, yang terus menjadi penengah antara kedua belah pihak untuk mengakhiri perang di Gaza, mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama bahwa perundingan dapat dilakukan di Doha atau Kairo.

“Kesepakatan kerangka kerja sekarang sudah ada di atas meja dengan rincian implementasi yang tersisa untuk disimpulkan,” kata mereka.

Baik AS, Qatar dan Mesir, menambahkan bahwa mereka siap untuk mengajukan proposal penghubung akhir yang menyelesaikan masalah implementasi yang tersisa dengan cara yang memenuhi harapan semua pihak.

Melansir dari The Sundaily, Sabtu, 10 Agustus 2024, sementara itu tidak ada komentar langsung dari pejabat Israel atau Hamas.

Sebagai informasi, perang Gaza dipicu oleh serangan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan, di mana 1.200 orang tewas dan 250 orang disandera di Gaza, menurut penghitungan Israel.

Setidaknya 39.699 warga Palestina tewas dalam operasi militer Israel di Gaza, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Hamas juga diketahui menginginkan perjanjian gencatan senjata untuk mengakhiri perang, sementara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan konflik akan berhenti hanya setelah Hamas dikalahkan.