KBRI London Memperingatkan WNI Terkait Kerusuhan yang Pecah di Inggris

by -73 Views

Minggu, 4 Agustus 2024 – 15:15 WIB

Jakarta, VIVA – Kerusuhan telah terjadi di negara Inggris tepatnya di wilayah Sunderland. Bahkan, diprediksi akan kembali pecah di kota-kota lainnya.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London meminta kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Inggris untuk tetap menjaga kewaspadaan dan meningkatkannya.

“Sehubungan dengan terjadinya kerusuhan pada Jumat (02/08) di Sunderland serta kemungkinan terjadinya rencana aksi serupa di kota lain, KBRI London menghimbau kepada seluruh WNI yang berada Inggris Raya dan Irlandia, untuk, pertama mempertimbangkan urgensi serta meningkatkan kewaspadaan khususnya jika harus bepergian atau beraktifitas di luar rumah,” bunyi imbauan KBRI London dikutip dari laman akun Instagramnya, Minggu 4 Agustus 2024.

KBRI London meminta kepada WNI di Inggris untuk selalu mengikuti arahan petugas yang berwenang di wilayah setempat. WNI juga diminta terus memantau komunikasi di media sosial KBRI London atau komunitas WNI setempat.

“Menghindari kerumunan massa dan tempat-tempat yang berpotensi sebagai tempat pengumpulan massa atau kelompok demonstran. Dalam keadaan darurat, hubungi 112 atau 999, atau hotline kekonsuleran KBRI London +447795105477 dan +447425648007,” kata dia.

Diketahui, kerusuhan di Inggris pecah di Sunderland, Inggris pada Jumat 2 Agustus 2024. Sedikitnya, delapan orang ditangkap terkait apa yang disebut Kepolisian Inggris sebagai ‘kekacauan, kekerasan dan kerusakan’ di wilayah tersebut, yang membuat tiga polisi mengalami luka-luka.