Putri Suku Oburauw Papua Barat Berpartisipasi dalam Seleksi Catar Akpol dengan Niat Mengabdi untuk Negara

by -82 Views

Jumat, 19 Juli 2024 – 22:00 WIB

Semarang – Barbalin Naomi Kubewa, putri dari suku Oburauw, menjadi satu-satunya calon Taruni Akademi Kepolisian (Akpol) yang mewakili dari Polda Papua Barat dalam proses seleksi tingkat panitia pusat. Mantan pasukan pengibar bendera ini ingin membuktikan perempuan dari Papua mampu mengabdi kepada negeri lewat Polri.

Barbalin atau yang akrab disapa Lin adalah gadis kelahiran Jayapura pada 22 Mei 2005. Dia merupakan keturunan dari campuran dua suku di Indonesia, dengan ayah dari suku Oburauw dan ibu dari suku Sunda.

“Dua suku berbeda. Bapak saya suku di Papua, Oburauw. Ibu saya suku dari Jawa tepatnya Sunda,” kata Lin, Jumat, 19 Juli 2024.

Dia tumbuh di Papua Barat, dan sejak kecil telah menunjukkan ketekunan. Saat bersekolah di SMA N 2 Kaimana, dia dipercayakan sebagai pemegang bendera Merah Putih di tingkat Provinsi Papua Barat pada HUT RI ke-77 tahun 2022. Dia bangga menjadi perwakilan sekolahnya dalam Paskibra tingkat provinsi. Sebelumnya, dia juga pernah menjadi Paskibra tingkat daerah di Kaimana.

“Motivasi saya mengikuti tes Akademi Kepolisian adalah tekad besar saya untuk mengabdi kepada nusa dan bangsa, dan saya memilih Polri,” tegasnya.

Sebagai anak pertama dari lima bersaudara, Lin memang sudah lama bercita-cita menjadi polisi. Dia terus melatih kemampuan akademis dan fisiknya.

Lin memiliki kemampuan bahasa Inggris yang fasih, serta meraih prestasi dalam bidang bernyanyi dan memenangkan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di daerahnya. Dia telah berusaha keras untuk melewati semua proses seleksi Catar Akpol tahun 2024.

“Saya ingin membuktikan bahwa calon Taruni Papua juga bisa, calon Taruni Papua juga mampu, khususnya dari Kabupaten saya, Kaimana,” tandasnya.

Lin adalah salah satu dari 7 catar yang diutus dari Polda Papua Barat dan satu-satunya Calon Taruni dari sana. Bersama 491 catar lainnya, ia sedang menjalani seleksi tingkat panitia pusat dengan jadwal wawancara PSI dan PMK hingga Sabtu besok, 20 Juli 2024. Sidang kelulusan tingkat panitia pusat akan diselenggarakan pada Senin, 29 Juli 2024 mendatang.