Partai Gerindra Merespon Wacana Presiden Dipilih oleh MPR

by -83 Views

Sabtu, 8 Juni 2024 – 09:57 WIB

Jakarta – Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad angkat bicara tentang usulan agar Presiden dan Wakil Presiden ditunjuk kembali oleh MPR RI. Menurut Dasco, wacana tersebut tidak perlu untuk saat ini.

“Menurut saya, pada saat-saat seperti ini sebaiknya wacana-wacana seperti itu tidak pada saatnya,” kata Dasco pada Sabtu, 8 Juni 2024.

Hal itu diungkap Dasco mengingat banyak agenda politik yang saat ini bergulir, salah satunya pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

“Karena situasi menjelang Pilkada, menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. Saya pikir isu atau wacana-wacana tersebut tidak perlu pada saat ini,” tutur dia.

Lebih lanjut, Dasco juga menegaskan usulan tersebut baru sekadar wacana saja. Pun, fraksi-fraksi di DPR kata dia, belum menentukan sikap atas usulan tersebut.

“Saya sudah cek bahwa usulan tersebut baru wacana, fraksi-fraksi di DPR itu juga belum kemudian mengambil sikap terhadap wacana tersebut,” pungkas Dasco.

Sebelumnya diberitakan, Ketua MPR periode 1999-2004, Amien Rais sebelumnya meminta maaf karena pernah melakukan amandemen UUD 1945 untuk mengubah sistem pemilihan presiden dari sebelumnya oleh MPR menjadi dipilih rakyat.

Amien pun setuju jika UUD 1945 kembali diamendemen untuk mengubah aturan Pilpres. “Itu (politik menyogok) luar biasa. Jadi sekarang kalau mau dikembalikan dipilih MPR, mengapa tidak?” ujarnya.