Wajib Tahu, 3 Bentuk Ancaman Data Pribadi Ini Harus Diwaspadai

by -57 Views

**Ancaman Data Pribadi yang Harus Diwaspadai**

Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BSSN RI, Sulistyo, mengungkap tiga bentuk ancaman data pribadi yang perlu diwaspadai.

1. **Ancaman “Data Dicari”:** Ancaman ini terjadi ketika individu tanpa sengaja memasukkan data pribadi mereka ke media sosial, sehingga memudahkan data tersebut ditemukan atau bahkan disalahgunakan oleh pihak lain.

2. **Ancaman “Data Diberi”:** Ancaman ini berasal dari platform yang dikembangkan oleh perusahaan atau developer aplikasi, dimana data yang diberikan oleh pengguna dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti pemasaran dan analitik.

3. **Ancaman “Data Dicuri”:** Ancaman ini dilakukan oleh cyber criminals yang targetnya adalah orang-orang yang memiliki nilai strategis. Spyware atau penyadapan dapat digunakan untuk mencuri data pribadi, meskipun potensi penyalahgunaannya tergolong rendah.

Sulistyo juga menekankan pentingnya untuk tetap waspada terhadap kemungkinan ancaman tersebut guna menjaga keamanan dan privasi data di era digital. Seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman baru kepada peserta mengenai pentingnya menjaga keamanan data pribadi di dunia digital.

Sumber: [bukamata.id](https://bukamata.id/wajib-tahu-3-bentuk-ancaman-data-pribadi-ini-harus-diwaspadai)

Source link