Diaspora Adalah Aset Bangsa, Harus Diperlakukan Secara Baik

by -106 Views

STAF AHLI MENPORA MENANGGAPI PRO DAN KONTRA PEMBERDAYAAN DIASPORA INDONESIA
RAKYATBENTENG.BACAKORAN.CO – Staf Ahli Menpora RI bidang Kepemudaan dan Olahraga, Hamdan Hamedan, menanggapi pro dan kontra terkait pemberdayaan diaspora Indonesia di luar negeri. Menurutnya, keberadaan diaspora Indonesia di luar negeri sangat penting bagi Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Hamdan dalam diskusi dengan tema Peran dan Pemberdayaan Diaspora bagi Kebijakan Luar Negeri Indonesia yang diselenggarakan oleh Laboratorium Ilmu Politik Universitas Bakrie pada hari Rabu (22/5/2024).

Diskusi dihadiri oleh tiga narasumber, yaitu; Muhsin Syihab (Staf Ahli Menlu RI bidang Hubungan Antar Lembaga), dan Muhammad Badaruddin (Dosen Ilmu Politik Universitas Bakrie).

Diskusi tersebut dipandu oleh Yeyen Rostiani (Praktisi Media / Dosen Ilmu Politik Universitas Bakrie). Para narasumber dalam diskusi sepakat mengenai pentingnya diaspora Indonesia di luar negeri bagi Indonesia.

Namun, masih terdapat tantangan yang dihadapi dalam mengoptimalkan pemberdayaan dan peran diaspora Indonesia untuk pembangunan di Indonesia.

Hamdan menyatakan bahwa saat ini terdapat pro dan kontra serta kurangnya literasi mengenai diaspora di Indonesia. Dia juga menyebutkan bahwa tantangan lainnya adalah minimnya hubungan diaspora Indonesia dengan tanah air.

Muhammad Badaruddin menekankan bahwa diaspora Indonesia harus dilihat sebagai jembatan penghubung antara Indonesia dan dunia Internasional.

Muhsin Syihab menyoroti pentingnya peran diaspora dalam memberikan kontribusi remitansi sebesar Rp 200 triliun, sehingga diaspora layak disebut sebagai pahlawan devisa.

Dia menegaskan bahwa diaspora adalah aset bangsa yang harus diperlakukan dengan baik agar tidak takut untuk pulang dan membantu membangun Indonesia.

Diskusi ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen, dan Ilmu Politik Universitas Bakrie di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Sumber: https://rakyatbenteng.bacakoran.co/read/4435/diaspora-adalah-aset-bangsa-harus-diperlakukan-secara-baik/15

(dkk/jpnn)

Source link