Kabaharkam Polri Memantau Pelabuhan Lembar Lombok Menjelang World Water Forum ke-10

by -55 Views

Sabtu, 11 Mei 2024 – 13:54 WIB

Lombok – Menjelang World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan diselenggarakan di Bali pada tanggal 18-25 Mei 2024, Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Fadil Imran, melakukan peninjauan langsung di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat pada hari Sabtu, 11 Mei 2024.

Pelabuhan Lembar merupakan salah satu pintu masuk ke Bali melalui Pulau Lombok. Keamanan di Lombok menjadi perhatian Polri sebagai persiapan menyambut World Water Forum ke-10 tahun 2024.

Komjen Fadil Imran, didampingi oleh Kapolda NTB, Irjen Pol. Umar Faroq, memeriksa kesiapan pengamanan di pelabuhan dengan memeriksa sistem penjagaan di Pelabuhan Lembar, mesin x-ray pelabuhan, ruang tunggu penumpang, dan mengelilingi dermaga penyeberangan di Lembar.

“Kami memastikan setiap proses akses masuk ke Bali berjalan dengan aman dan lancar,” kata Komjen Fadil Imran.

Fadil Imran juga menjabat sebagai Kepala Operasi Puri Agung 2024 untuk mengawal acara World Water Forum ke-10. Dia menyatakan bahwa telah merencanakan strategi pengamanan secara detail untuk mendukung acara tersebut.

“Unit seperti Sabhara, Polisi Satwa, Bhabinkamtibmas, Pamobvit, dan satuan lainnya telah menunjukkan komitmen untuk memberikan perlindungan menyeluruh di seluruh area acara,” ujarnya.

Fadil juga mengatakan bahwa telah berkoordinasi dengan instansi terkait dan pihak penyelenggara untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Dia berharap masyarakat dapat mendukung acara tersebut dengan memberikan informasi terkait potensi ancaman.

Beberapa unit Polri telah ditempatkan di lokasi strategis dan potensial, bahkan sebelum acara dimulai.

“Diharapkan masyarakat dapat mendukung upaya keamanan yang kami lakukan,” kata dia.

Fadil mengatakan bahwa dari hasil pantauan di Pelabuhan Lembar, semuanya berjalan dengan baik meskipun ada beberapa catatan untuk perbaikan.

“Terlihat bahwa semua persiapan berjalan baik. Ada beberapa hal yang perlu diperbaiki namun secara keseluruhan sudah dalam kondisi baik,” kata dia.