ASR Menjadi Calon Gubernur Sultra dengan Elektabilitas Tertinggi, Pemilih Menilai Kemampuannya

by -93 Views

Kendari – Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis temuan terbaru mereka tentang Pilkada 2024, terutama persaingan dalam Pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra). LSI Denny JA melakukan survei mengenai pilihan warga Sultra terkait calon gubernur yang akan maju.

Peneliti senior LSI Denny JA, Ikrama Masloman menjelaskan bahwa dalam hasil survei mereka, warga Sultra menganggap isu ekonomi sebagai hal yang penting. Selain itu, survei LSI Denny JA juga mengidentifikasi masalah khusus yang dianggap paling penting di Sultra.

Menurut Ikrama, dari masalah-masalah khusus tersebut, 36,2% responden menyebutkan harga kebutuhan pokok yang mahal sebagai masalah utama. Diikuti oleh sulitnya mencari lapangan kerja sebesar 26,3%, serta masalah infrastruktur yang masih buruk sebesar 8,2%.

Survei juga menunjukkan bahwa kemampuan dalam menyelesaikan masalah ekonomi menjadi pertimbangan utama bagi pemilih dalam memilih calon gubernur. Dari 14 nama yang disebut sebagai bakal calon gubernur, Andi Sumangerukka atau ASR mendapatkan dukungan tertinggi sebesar 15,4%, diikuti oleh Ridwan Bae 11,2%, dan Kery Saiful Konggoasa 11%.

Selain itu, survei juga menyorot bahwa mayoritas pemilih di Sultra menginginkan seorang gubernur yang mampu menyelesaikan masalah ekonomi tanpa mempertimbangkan asal-usul etnis calon gubernur. Data survei menunjukkan bahwa pemilih yang memilih berdasarkan kemampuan menyelesaikan masalah ekonomi lebih dominan daripada yang memilih berdasarkan kesamaan etnis.

Survei LSI Denny JA dilakukan pada tanggal 20-26 Maret 2024 dengan melibatkan 800 responden di seluruh Kabupaten/Kota di Sultra. Wawancara dalam survei dilakukan secara tatap muka dan margin of error survei sebesar +/- 3,5%.