Sikap Politik PDIP Dalam Perbincangan tentang Oposisi dan Koalisi yang Diutarakan oleh Hasto

by -49 Views

Sabtu, 13 April 2024 – 14:30 WIB

Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto kembali angkat bicara mengenai koalisi dan oposisi dalam pemerintahan baru periode 2024-2029 mendatang. Dia menegaskan bahwa apakah berada di luar atau di dalam pemerintahan, keputusannya akan diambil demi kepentingan rakyat.

“Posisinya di dalam ataupun di luar itu kan garis besarnya bagi kepentingan rakyat,” kata Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, dikutip Sabtu, 13 April 2024.

Sementara itu, Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani menyatakan bahwa partainya belum menentukan sikap politik ke depan, apakah tetap berada di dalam koalisi pemerintahan atau menjadi oposisi di luar pemerintahan.

Puan berdalih bahwa Presiden-Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka baru akan dilantik pada 20 Oktober 2024. Oleh karena itu, PDI Perjuangan tidak ingin terburu-buru menentukan sikap politiknya dalam waktu dekat.

Di sisi lain, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco menegaskan bahwa hubungan antara partainya dengan PDIP selalu baik. Oleh karena itu, Dasco memberikan dukungan penuh jika PDIP mendukung kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka periode 2024-2029 mendatang.

Ia juga menyebutkan bahwa komunikasi Gerindra dengan partai politik lain, termasuk Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berjalan dengan baik. Namun, Dasco belum bisa memberikan informasi lebih lanjut terkait komunikasi antara Gerindra dan PKB.

Semua komunikasi antar partai pasti berjalan dengan baik tanpa masalah, kata Dasco.