Jokowi Fokus pada Pembahasan Bersama Menteri saat Buka Puasa di Istana, Tak Bahas Pemerintahan Prabowo

by -73 Views

Kamis, 28 Maret 2024 – 22:25 WIB

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024. Tampak, Wakil Presiden Maruf Amin juga hadir dalam kegiatan tersebut.

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan tidak ada pembicaraan terkait pemerintahan selanjutnya dalam buka bersama Presiden Jokowi. Memang, Jokowi tampak duduk satu meja dengan Wakil Presiden Maruf, Airlangga, Menteri Koordinator Polhukam Hadi Tjahjanto dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga Presiden RI terpilih 2024.

“Bahas macam-macam. Bicara terkait puasa aja (saat ditanya bahas pemerintah selanjutnya),” kata Airlangga.

Selain itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono mengatakan tidak ada obrolan politik untuk membahas pemerintahan periode 2024-2029 dalam buka puasa di Istana.

“Enggak (ada obrolan politik buat pemerintahan mendatang). Tadi buka puasa bersama, silaturahmi bersama Bapak Presiden Bapak Wakil Presiden dan juga para menteri Kabinet Indonesia Maju,” ujar Ketua Umum Partai Demokrat ini.

Sementara Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi menjelaskan Airlangga bersama Prabowo duduk satu meja dengan Presiden Jokowi. Sedangkan, kata dia, Prabowo juga sebagai Presiden RI terpilih periode 2024.

“Menko Perekonomian. Kan itu semua lihat posisi duduknya. Pak Presiden, Pak Wapres, Menko Perekonomian, Menko Polhukam, Pak Prabowo. Kan udah Presiden selected, masa enggak boleh. Boleh kan sudah elected,” jelas dia.

Kemudian, Budi Arie menegaskan tidak ada pembahasan terkait pemerintahan mendatang dalam buka puasa bersama Presiden Jokowi. Menurut dia, pembicaraannya ringan-ringan karena forumnya buka puasa bersama.

“Ya belumlah (bahas pemerintahan yang akan datang). Ini kan forumnya buka puasa bersama. Yang pasti kehangatan, keakraban, ngobrol-ngobrol ringan. Nunggu lebaran dulu (pembahasan kabinet mendatang),” pungkasnya.