BMKG Ingatkan Warga Agar Waspada dengan Cuaca Ekstrem Saat Mudik Lebaran 2024

by -113 Views

Rabu, 27 Maret 2024 – 10:25 WIB

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprediksi potensi cuaca ekstrem di Indonesia masih akan terjadi selama masa mudik Lebaran 2024. Maka dari itu, para pemudik diminta untuk waspada terhadap cuaca yang terjadi selama masa mudik.

“Kami mengimbau kepada seluruh pemudik, penyedia jasa transportasi, dan operator transportasi untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem selama arus mudik,” kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawarti, dikutip dari laman BMKG, Rabu, 27 Maret 2024.

Dwikorita mengatakan dinamika atmosfer di wilayah Indonesia sangat dinamis dan dapat berubah secara tiba-tiba. Sebagai antisipasi, Dwikorita menyebut masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024 dapat melihat informasi cuaca lebih dulu. Dia meminta masyarakat untuk tidak memaksakan diri melakukan perjalanan saat cuaca sedang buruk.

“Lebih baik menunggu sampai kondisi cuaca kembali normal karena sangat membahayakan perjalanan,” kata dia.

Di sisi lain, Dwikorita menyampaikan prediksi cuaca selama masa mudik Lebaran 2024 yang terbagi menjadi tiga fase periodik. Pertama, fase sebelum Lebaran (3-9 April 2024), BMKG memprediksi Indonesia akan mengalami hujan ringan hingga sedang.

Kemudian fase kedua yaitu saat Lebaran (10-16 April 2024), cuaca di Indonesia cenderung cerah dan cerah berawan. Sementara pada fase ketiga atau setelah Lebaran (17-23 April 2024), BMKG memprediksi cuaca di bagian utara dan tengah berpotensi mengalami hujan ringan hingga sedang.

Bukan Gengsi, Ini Alasan Banyak Orang Mudik Naik Mercedes-Benz
MBDI memprediksi akan terjadi peningkatan penggunaan mobil Mercedes-Benz untuk mudik tahun ini.
VIVA.co.id
27 Maret 2024