Gempa berkekuatan 4,0 Skala Richter Guncang Mentawai, Tidak Berpotensi Tsunami

by -67 Views

Minggu, 21 Juli 2024 – 22:46 WIB

Sumatra Barat – Gempabumi dengan magnitudo 4.0 menggetarkan tanah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, Minggu 21 Juli 2024.

Baca Juga :

Richard Lee Tawar Jersey Match Worn Ronaldo Koleksi Atta Halilintar Rp10 M

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika stasiun Geofisika Padang Panjang mencatat, sebelum Gempa teranyar ini, seismogram sebelumnya juga merekam dua kali kejadian gempabumi dengan magnitudo sama yakni 3,1.

Yang pertama, terjadi pada pukul 15.14 WIB dengan pusat lokasi berada di 2.88 Lintang Selatan dan 100.03 Bukur Timur atau 21 kilometer BaratDaya pulau Pagai Utara, Mentawai dengan kedalaman 18 Kilometer.

Baca Juga :

Suhu Udara di Jateng Turun hingga Minimum pada Agustus, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

Ilustrasi – Seismograf mencatat getaran gempa.

Lalu gempa kedua dengan magnitudo sama, terjadi pada pukul 19:55 WIB yang berpusat di 51 Kilometer tenggara Pulau Siberut, Mentawai. Gempa kedua ini berada di kedalaman 5 kilometer.

Baca Juga :

Suhu Ekstrem hingga 5 Derajat, Embun Es Muncul di Lautan Pasir Gunung Bromo

BMKG kembali mencatat gempabumi Magnitudo 4.0 kembali terjadi pada pukul 21.15 WIB ini, berpusat di 2.45 Lintang Selatan dan 99.82 Bujur Timur atau tepatnya di 31 Kilometer Tenggara, Pulau Sipora, Kepulauan Mentawai.

Hasil pemodelan BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang, gempabumi dengan kedalaman hanya 11 kilometer tersebut, tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Pun dengan aftershock alias gempa-gempa susulan, sampai saat ini tidak terjadi. Meski demikian, warga di Kepulauan Mentawai dan zona merah kegempaan dan tsunami di Sumatera Barat, diimbau untuk tetap waspada terhadap ancaman bahayanya gempa dan tsunami yang setiap saat bisa saja terjadi.

Senator Sarankan Korban Peristiwa 1965 Tak Ragu Lapor ke Komnas HAM

Anggota DPD menyarankan masyarakat di Sumatra Barat untuk tidak ragu melapor ke Komnas HAM jika menjadi korban pelanggaran HAM berat masa lalu dalam Peristiwa 1965.

VIVA.co.id

19 Juli 2024