Prabowo Menang Pilpres Secara Resmi, Joe Biden Memenuhi Janji untuk Menelepon Prabowo

by -60 Views

Sabtu, 23 Maret 2024 – 12:30 WIB

Washington – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, melakukan panggilan telepon dengan presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto, pada Jumat, 22 Maret 2024.

Dalam keterangan dari Kedutaan Besar AS di Jakarta, Biden berbicara dengan Prabowo untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya dalam pemilu. “Presiden Biden dan Presiden terpilih Prabowo memuji Amerika Serikat dan Indonesia yang merayakan 75 tahun hubungan diplomatik dengan dilandasi nilai-nilai bersama, yaitu demokrasi dan pluralisme,” tulis keterangan resmi dari Kedubes AS, pada Sabtu, 23 Maret 2024.

“Presiden Biden berjanji untuk memperluas kerja sama dengan Indonesia di bawah Kemitraan Strategis Komprehensif AS-Indonesia dan Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik, serta bekerja sama menuju Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, sejahtera, dan aman,” lanjutnya.

Sebelumnya, Prabowo Subianto, menerima surat ucapan selamat dari Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden. Surat dengan kop resmi Gedung Putih, Washington itu berisi ucapan selamat, yang diberikan Biden kepada Prabowo, yang sementara unggul di Pilpres 2024.

Bukti surat Joe Biden tersebut diunggah Prabowo ke akun Instagram resminya, pada Kamis, 14 Maret 2024. Surat itu juga ditandatangani oleh Biden langsung. “Saya ingin mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia atas keberhasilan pemilu. Ini sebuah bukti komitmen kita bersama terhadap demokrasi. (Saya juga mengucapkan selamat) kepada Anda atas keunggulan Anda dalam penghitungan suara presiden. Saya menantikan pengumuman hasil resminya.”