Pedagang Beras Minta Ini ke Prabowo dan Gibran Setelah Menang Pilpres, Ucapin Selamat

by -60 Views

Jumat, 22 Maret 2024 – 00:30 WIB

Jakarta – Sejumlah pengusaha beras yang tergabung dalam Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras (Perpadi) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029.

Baca Juga :

Pecahkan Rekor Dunia, Prabowo Subianto Jadi Pemimpin Negara dengan Jumlah Pemilih Terbanyak

Wakil Ketua Perpadi Jakarta, Billy Haryanto mengatakan para pengusaha beras juga menyampaikan harapannya kepada Prabowo dan Gibran agar menyelesaikan persoalan produksi pangan yang seret.

Karena, kata dia, Prabowo yang merupakan Menteri Pertahanan juga punya pengalaman pernah menjadi Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

Baca Juga :

KPU Umumkan Pemenang Pilpres 2024, Jokowi Sudah Ucapin Selamat ke Prabowo dan Gibran

“Kami berharap persoalan produksi pangan terutama beras dapat teratasi dengan baik. Harga beras naik karena banyak kendala, termasuk soal el nino,” kata Billy di Jakarta pada Kamis, 21 Maret 2024.

Wakil Ketua Perpadi, Billy Haryanto di Istana Merdeka

Wakil Ketua Perpadi, Billy Haryanto di Istana Merdeka

Photo :

  • Muchlis Jr – Biro Pers Sekretariat Presiden

Baca Juga :

Prabowo Subianto Beri Sinyal PAN Dapat Banyak Kursi Menteri tapi Ada Syaratnya

Sebetulnya, lanjut dia, produksi beras sudah digenjot oleh Pemerintah Joko Widodo (Jokowi). Namun, kata Billy, serangan hama wereng, tikus, banir, dan kelangkaan pupuk mempengaruhi produksi beras.

“Kita bisa belajar dari Thailand atau Vietnam. Mereka punya varietas yang relatif tahan terhadap hama,” jelas dia.

Menurut dia, pemerintah harus bersikap tegas kepada para pihak yang melanggar harga eceran tinggi (HET) selain menggenjot produksi. “Kalau HET dijaga sampai ke tingkat ritel, saya kira harga akan tetap normal,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024, baik Pemilu Presiden maupun Pemilu Legislatif pada Rabu malam, 20 Maret 2024. Alhasil, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka meraih suara terbanyak sebagai calon Presiden dan calon Wakil Presiden 2024.

Pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran ini diumumkan Ketua KPU Hasyim Asy’ari mendapatkan suara sebanyak 96.214.691 suara (58,58 persen). Kemudian disusul pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebesar 40.971.475 suara (24,94 persen), terakhir Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebanyak 27.040.878 suara (16,47 persen). Adapun, suara sah 164.227.475 (100 persen).

“Menetapkan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan berita acara Nomor: 218/PL.01.08.BA/05/2024, dalam Pemilihan Umum Tahun 2024,” kata Hasyim.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menanggapi soal harga beras yang dikabarkan mengalami kenaikan. Menurut dia, jangan memberikan informasi kepada masyarakat sebelum melakukan pengecekan langsung ke pasar-pasar induk.

“Coba dicek, jangan menginformasikan seperti itu ya. Coba dicek di Pasar Induk Cipinang,” kata Jokowi di Mabes TNI Cilangkap pada Rabu, 28 Februari 2024.

Selain itu, Jokowi juga meminta agar melakukan pengecekan beras yang ada di Pasar Johar untuk memastikan apakah ada kenaikan harga atau tidak. Sebab, Jokowi mengaku terus memantau kondisi harga beras di pasar-pasar.

“Cek ke Pasar Johar, ini pasar-pasar beras harus dicek, coba dicek, coba kalian datang ke Pasar Cipinang cek harga turun apa naik. Cek di Pasar Johar naik atau tidak, turun atau tidak, cek, sudah turun. Karena harian itu saya cek. Saya itu selalu mendapatkan angka-angka,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Menurut dia, pemerintah harus bersikap tegas kepada para pihak yang melangar harga eceran tinggi (HET) selain menggenjot produksi. “Kalau HET dijaga sampai ke tingkat ritel, saya kira harga akan tetap normal,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya