Haru! Seleb Chef Jose Andres Mengirimkan 200 Ton Makanan ke Warga Palestina di Gaza

by -69 Views

Selasa, 19 Maret 2024 – 00:15 WIB

Gaza – Chef selebriti terkenal, Jose Andres dan organisasi nirlabanya, World Central Kitchen telah mengirimkan bantuan ke rakyat Gaza yang saat ini sedang dilanda perang. Mereka telah mengirimkan hampir 200 ton makanan minggu ini ke warga Palestina. Organisasi ini mengirimkan makanan dari Siprus menggunakan kapal Open Arms, yang dimiliki oleh organisasi nirlaba Spanyol yang membantu orang-orang rentan dalam situasi darurat.

World Central Kitchen bekerja sama dengan Uni Emirat Arab dan Siprus untuk membuka koridor bagi kapal Open Arms guna mengantarkan makanan ke Gaza. Mereka telah mengumpulkan 500 ton makanan, yang saat ini disimpan di Siprus, termasuk beras, tepung, sayuran kaleng, protein, dan kacang-kacangan. Mereka menamai misi ini Operation Safeena, yang berarti perahu atau kapal dalam bahasa Arab, sebagai representasi dari World Central Kitchen.

Kapal World Central Kitchen trip pertama berangkat dari Siprus pada hari Rabu pekan lalu dan tiba di Gaza pada hari Jumat. Pengiriman tersebut berisi makanan yang cukup untuk hampir setengah juta porsi makanan. Mereka juga sedang mempersiapkan sekitar 300 ton bantuan pangan kemanusiaan untuk perjalanan kedua ke Gaza.

Jose Andres (54) adalah seorang koki terkenal asal Spanyol yang pindah ke AS beberapa tahun lalu untuk bekerja di restoran di New York City dan Washington, D.C. Dia membantu membuka beberapa restoran di ibu kota negara tersebut dan kemudian mendirikan restorannya sendiri di berbagai wilayah, termasuk Nubeluz di New York City, dan Jaleo by José Andrés dengan lokasi di Washington, Orlando, Las Vegas, Chicago, dan Dubai.

Sejak pecahnya perang Israel-Hamas di Gaza pada 7 Oktober, World Central Kitchen telah mengirimkan lebih dari 37 juta makanan dan 1.500 truk ke Gaza. Mereka juga membuka lebih dari 60 dapur komunitas di wilayah tersebut. Selain itu, mereka juga telah mengirimkan makanan dari pesawat kargo Royal Jordanian Air Force, dengan total 150.000 makanan dikirimkan kepada warga Palestina di Gaza. Mereka juga memberikan 5.000 makanan kepada keluarga di Lebanon yang menjadi pengungsi akibat konflik.

World Central Kitchen adalah organisasi nirlaba yang menggerakkan responden pertama untuk membawa makanan kepada orang-orang yang terkena dampak bencana alam, krisis, dan keadaan darurat kemanusiaan di seluruh dunia. Selain Gaza, mereka juga telah mengirimkan bantuan pangan ke Ukraina yang dilanda perang, ke Texas saat terjadi kebakaran hutan, dan ke Jepang setelah gempa bumi. Pada masa pandemi COVID-19, mereka juga mengirimkan makanan kepada anak-anak yang belajar di rumah, petugas pertolongan pertama, dan warga lanjut usia yang berisiko.

Kelompok ini juga memiliki “Korps Koki” yang terdiri dari para koki yang menggunakan kontak lokal mereka untuk membantu mengantarkan makanan selama krisis di daerah mereka. Pada bulan April 2022, Andres dan timnya berada di lapangan menyajikan makanan di sebuah restoran di Kharkiv, Ukraina, pertama kalinya mereka beroperasi di zona perang.