Kita Biasanya Menghadapi Situasi Seperti Ini

by -96 Views

Kamis, 7 Maret 2024 – 05:40 WIB

Jakarta – Elite PDI Perjuangan (PDIP) yang juga Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan angkat bicara mengenai laporan Indonesia Police Watch (IPW) terhadap calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo ke KPK. Ganjar dilaporkan atas kasus dugaan gratifikasi Rp100 miliar.

Arteria mengatakan pihaknya tidak terganggu dengan laporan tersebut. “Silakan saja (dilaporkan),” kata Arteria di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta Pusat, Rabu, 6 Maret 2024.

Arteria mengatakan pihaknya sudah terbiasa menghadapi laporan dan tuduhan dugaan korupsi. Dia pun mempersilakan KPK untuk menyelidiki laporan tersebut dan membuktikan tuduhan IPW terhadap Ganjar. “Kita terbiasa menghadapi hal seperti ini. Silakan saja jika bisa dibuktikan,” ungkapnya.

Sebelumnya, IPW melaporkan terkait dugaan gratifikasi yang melibatkan jajaran direksi Bank Jateng dan pejabat di Jawa Tengah. Laporan tersebut dilaporkan IPW ke KPK pada Selasa, 5 Maret 2024.

“Sugeng menjelaskan dugaan korupsi ini dengan memberikan cashback. Adapun cashback dalam kasus itu berjumlah 16 persen dari total nilai premi. Kemudian, cashback 16 persen itu dibagi rata aliran dananya ke dalam tiga pihak mulai pihak Bank Jateng hingga salah satu pejabat tinggi di Jawa Tengah.

Sugeng mengklaim bahwa sebanyak 5,5% tersebut diduga diberikan kepada Ganjar Pranowo (GP) yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. “Yang 5,5% diberikan kepada pemegang saham pengendali Bank Jateng diduga adalah kepala daerah Jawa Tengah dengan inisial GP,” tutur Sugeng.