Program Makan Siang Gratis untuk Anak dengan Anggaran APBN, Setiap Anak Diharapkan Menerima Dukungan Rp 15.000

by -101 Views

Senin, 26 Februari 2024 – 13:32 WIB

Jakarta – Program unggulan pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yaitu makan siang gratis, akan dimasukkan ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025. Setiap anak akan menerima jatah makan siang sebesar Rp 15.000.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Dia menyatakan, jatah makan siang Rp 15.000 per anak ini tidak termasuk susu gratis.

Airlangga menyatakan, dari anggaran Rp 15.000 per anak ini, menu makan siang akan diserahkan ke daerah masing-masing. Artinya, setiap daerah bebas menentukan jenis makan siang yang mereka pilih.

“Menu makan siang akan diserahkan ke daerah masing-masing, kita tidak mengatur secara seragam. Merata di seluruh Indonesia sebesar Rp 15.000,” jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Eddy Soeparno menyatakan bahwa pemerintahan Prabowo ke depan akan menyesuaikan anggaran subsidi BBM dan LPG pada bulan berjalan untuk mewujudkan program ini.

Dia menilai bahwa sekitar 80 persen dari anggaran Rp 350 triliun pemerintah saat ini digunakan untuk mensubsidi BBM dan LPG. Menurutnya, anggaran subsidi BBM tersebut lebih dimanfaatkan oleh masyarakat mampu dengan penghasilan menengah dan tinggi.

“Dengan melakukan efisiensi dalam pemberian subsidi ini, pemerintah dapat menekan anggaran sehingga selisih anggaran subsidi sebelumnya dapat dialokasikan untuk kebutuhan pemerintah lainnya,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya

Dia berpendapat, ada sekitar 80 persen dari Rp 350 triliun anggaran pemerintah yang kini dimanfaatkan untuk mensubsidi BBM dan LPG. Menurutnya, anggaran subsidi BBM tersebut lebih dimanfaatkan masyarakat mampu berpenghasilan menengah dan tinggi.