Prabowo Subianto-Gibran Unggul Telak di Pilpres, Indikator Politik Sebut Suara Kalangan NU Berperan

by -62 Views

Jakarta – Hasil analisis exit poll yang dirilis oleh lembaga survei Indikator Politik mengungkap salah satu faktor yang membuat pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dalam Pilpres 2024 dan berpotensi memenangkan pemilihan dalam satu putaran.
Peneliti Utama dari Indikator, Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, selain faktor pemilih muda yang turut ambil bagian dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), kemenangan telak Prabowo-Gibran juga dipengaruhi oleh kalangan Nahdlatul Ulama (NU).
Menurut temuan dari Indikator, sebanyak 59 persen warga NU memilih pasangan Prabowo-Gibran pada tanggal 14 Februari kemarin. Bahkan, berdasarkan hasil dari survei pra-pemilihan, pasangan nomor urut 02 memperoleh dukungan yang besar.
“Karena faktor ini, elektabilitas Pak Prabowo lebih besar dari perkiraan tertinggi,” ungkap Burhanuddin.
Exit poll dilakukan di 3.000 TPS yang tersebar di setiap wilayah pemilihan. Sampel dipilih menggunakan metode stratified two-stage random sampling. Sebanyak 2.975 responden kemudian diwawancarai.
Tingkat toleransi kesalahan atau margin of error adalah +/- 1,8% pada tingkat kepercayaan 95%. (SENOPATI)
Sumber: https://prabowosubianto.com/prabowo-subianto-gibran-unggul-telak-di-pilpres-indikator-politik-sebut-suara-kalangan-nu-berperan/

Source link