Menhan Prabowo Subianto di Wisuda Unhan: Pekerja Keras dan Cerdas akan Bertahan di Tengah Tantangan Zaman

by -63 Views

Bogor – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyatakan bahwa masa depan bangsa Indonesia di tengah abad modern akan dihadapi oleh sejumlah tantangan. Menurutnya, orang-orang yang akan bertahan dan unggul adalah mereka yang mampu bekerja keras dan cerdas.

“Dalam kehidupan modern, kehidupan abad ke-21, masa depan bangsa kita dipenuhi dengan tantangan, hambatan, dan rintangan,” ujar Prabowo di hadapan 573 mahasiswa saat menghadiri wisuda Unhan RI di Sentul, Bogor, pada Senin (12/2).

Meskipun begitu, Prabowo juga menegaskan bahwa di tengah berbagai tantangan yang dihadapi, terdapat banyak peluang dan kesempatan.

“Sejarah peradaban manusia mengajarkan bahwa mereka yang akan bertahan atau survive adalah mereka yang bekerja keras dan cerdas, mereka yang disiplin dan memiliki kehendak yang kuat,” lanjut Prabowo.

Selain itu, menurutnya, orang-orang yang memiliki kehendak kuat untuk berprestasi dan cerdas dalam berinovasi juga akan bertahan di tengah berbagai tantangan zaman.

“Ini adalah pelajaran dari sejarah. Hanya bangsa yang memiliki anak muda seperti itu yang dapat membuat bangsa itu unggul,” tambahnya.

Prabowo juga menyatakan kebanggaannya terhadap tradisi meritokratik yang tumbuh di Unhan RI. Menurutnya, kualitas manusia yang bekerja keras dan cerdas merupakan standar kualitas mahasiswa di Unhan RI.

Selama ini, mahasiswa yang belajar di Unhan RI tidak memandang latar belakang sosial. Ada yang berasal dari keluarga petani, pekerja pelabuhan, hingga penjual bakso di pasar.

“Saya berharap tradisi ini tetap dipertahankan dengan kuat,” kata Prabowo.

Prabowo juga menyebutkan bahwa syarat untuk menjadi mahasiswa Unhan RI merujuk pada persyaratan yang ada di kampus-kampus terkemuka di luar negeri.

“Karena persyaratan yang Anda lewati cukup tinggi, saya ambil contoh dari universitas terbaik di dunia, saya ambil persyaratan dari Harvard, MIT (Institut Teknologi Massachusetts), dan Stanford. Jadi, Anda seharusnya bangga,” ucapnya.

Prabowo menekankan bahwa Unhan RI tidak menerima bentuk rekomendasi apapun dari siapapun. Semua mahasiswa dinyatakan lolos berdasarkan kemampuan akademik mereka.

Unhan RI hari ini meluluskan 573 mahasiswa yang terdiri dari Doktor (17); Fakultas Strategi Pertahanan (273); Fakultas Manajemen Pertahanan (69); Fakultas Keamanan Nasional (82); Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan (57); serta S1 Fakultas Kedokteran Militer (75). (SENOPATI)

Source link