Elektabilitas Naik, Gerindra Diuntungkan dengan Iwan Bule sebagai Caleg di Jabar

by -117 Views

Partai Gerindra Mendapat Keuntungan dengan Iwan Bule sebagai Calon Legislatif di Jawa Barat

Ciamis – Lembaga Konsultan dan Penelitian Tenggara Strategics merilis riset terbarunya mengenai elektabilitas partai, calon legislatif DPR RI, dan calon presiden/wakil presiden. Salah satu temuan survei Tenggara Institute adalah peta persaingan calon legislatif DPR RI di daerah pemilihan Jawa Barat atau dapil Jabar X.

Direktur Eksekutif Tenggara Strategics, Riyadi Suparno, menjelaskan bahwa Jabar X merupakan dapil yang mencakup Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Pangandaran, dan Kota Banjar. Dia menyebutkan bahwa Jabar X dipilih sebagai area survei karena merupakan bagian dari Jawa Barat yang merupakan provinsi dengan pemilih terbanyak dalam Pemilu 2024. Selain itu, daftar pemilih di Jabar X mencapai 2,34 juta orang dengan 7 kursi DPR RI yang diperebutkan.

Menurut hasil survei, terdapat 16 persen responden yang belum memberikan jawaban, sehingga persaingan calon legislatif di Jabar X masih terbuka bagi para kontestan dalam Pilpres 2024.

Riyadi menyatakan bahwa dalam Pemilu Legislatif (Pileg), partai politik petahana masih mendominasi perolehan suara di dapil Jabar X. Namun, PDIP yang merupakan pemenang dalam Pemilu 2019 harus merelakan posisinya kepada Gerindra karena tingginya elektabilitas Prabowo-Gibran.

Berdasarkan data Tenggara Strategics, Gerindra diprediksi menjadi pemenang dalam Pileg di Jabar X dengan perolehan 17 persen suara, diikuti oleh PDIP dengan 13,4 persen. Kemudian, PKS yang sebelumnya menduduki posisi kedua harus puas berada di posisi ketiga dengan 12,8 persen. Golkar (9 persen), PAN (7 persen), PKB (7 persen), Partai Nasdem (4 persen), dan Partai Demokrat (4 persen).

Lebih lanjut, Riyadi menyebutkan bahwa kehadiran Iwan Bule diprediksi akan melengkapi daftar calon legislatif DPR RI asal Jabar X. Iwan Bule didominasi oleh Kabupaten Ciamis dan Kuningan, di mana dia mendapatkan dukungan sekitar 80 persen pemilih dari seluruh jumlah pemilih di Jabar X.

Di Kabupaten Ciamis, Iwan Bule mendominasi dengan elektabilitas 19 persen, diikuti oleh Surahman 13 persen, M. Nurdin 11 persen, Agun Gunanjar Sudarsa 9 persen, dan Didi Irawadi Syamsuddin 6 persen. Sementara itu, di Kuningan, Iwan Bule juga mendominasi dengan elektabilitas 18 persen, diikuti oleh Surahman 12 persen, M. Nurdin 8 persen, Agun Gunanjar 6 persen, dan Didi Irawadi Syamsuddin 3 persen.

Dari survei tersebut, diketahui bahwa 22 persen warga pemilih Jabar X masih belum menentukan pilihan calon legislatif pada hari pemungutan suara. Survei Tenggara Strategics dilakukan pada tanggal 22-26 Januari 2024 dengan melibatkan 816 responden yang sudah memiliki hak pilih atau sudah menikah. Survei dilakukan secara tatap muka dengan margin of error sebesar 3,5 persen.

Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/politik/1685528-elektabilitas-naik-gerindra-diuntungkan-dengan-iwan-bule-sebagai-caleg-di-jabar?page=3
Oleh : Hardani Triyoga

Source link