Bawaslu Turun Tangan Setelah Baliho Caleg Roboh dan Timpa Pemotor di Daan Mogot Jakbar

by -121 Views

Minggu, 21 Januari 2024 – 06:16 WIB

Jakarta – Video yang menunjukkan baliho calon legislatif (caleg) ambruk di jalur Transjakarta di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat viral di media sosial. Video tersebut diunggah oleh @lensa_berita_jakarta melalui Instagram.

Dalam video tersebut, baliho berukuran jumbo tersebut jatuh dan menimpa seorang pengendara motor. Warga yang melihat kejadian tersebut langsung menolong pengendara yang terjatuh serta menyingkirkan baliho tersebut. Benny Sabdo dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta mengatakan bahwa pihaknya telah mengecek lokasi kejadian tersebut di Grogol, seberang Indosiar. Bawaslu Jakarta Barat sedang melakukan penelusuran ke lokasi kejadian.

Benny juga mengingatkan agar seluruh partai politik (parpol) tidak memasang baliho atau peralatan kampanye lainnya di jalur busway karena hal tersebut dapat membahayakan lalu lintas transportasi umum. Ia juga mengimbau para peserta Pemilu 2024 agar tidak memasang APK di zona-zona terlarang serta menegaskan bahwa masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung sejak 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

Penggunaan baliho sebagai media promosi kampanye juga telah menjadi sorotan karena dapat membahayakan warga yang melintas atau menggunakan jalanan. Di beberapa daerah, kejadian baliho roboh juga terjadi.