Kenangan JK Ketika Rizal Ramli Mengambil Alih Kepemimpinan di Bulog

by -140 Views

Rabu, 3 Januari 2024 – 13:41 WIB

Jakarta – Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla, mengenang kenangan pribadinya bersama almarhum ekonom-aktivis Rizal Ramli, saat keduanya memimpin Bulog pada awal medio tahun 2000-an. Hal ini diungkapkan oleh JK setelah melakukan penyelamatan di rumah duka Rizal Ramli di kawasan Bangka, Jakarta Selatan.

JK sendiri pernah menjabat sebagai Kepala Bulog pada medio 1999-2000. Kemudian posisinya digantikan oleh Rizal Ramli yang menjabat sebagai Kepala Bulog pada 2000-2001.

“Beliau mengganti saya sebagai Kepala Bulog pada tahun 2000. Jadi kita selalu berdiskusi tentang pangan,” kata JK saat ditemui di rumah duka kawasan Bangka, Jakarta Selatan, Rabu, 3 Januari 2024.

Selain itu, selama dua kali menjabat sebagai Wakil Presiden RI, JK mengaku kerap memiliki pendapat yang berbeda dengan almarhum Rizal Ramli. Namun, hal itu tidak mengganggu persahabatan mereka.

“Dalam pemerintahan saya, saya sering kali tidak sependapat dengan almarhum Bapak Rizal Ramli, tapi kita tetap bersahabat,” ujar JK.

Diketahui, jenazah Rizal Ramli saat ini disemayamkan sambil menunggu anggota keluarga sambil diiringi dengan lantunan ayat suci Al Qur’an. Di sepanjang jalan depan rumah duka Rizal Ramli, terpampang deretan karangan bunga dari berbagai tokoh nasional, termasuk Presiden Joko Widodo dan keluarga. Selain itu, juga terdapat karangan bunga dari sejumlah Menteri dan tokoh lainnya.

Kemudian, terpampang juga karangan bunga dan ucapan turut berduka dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, Sekjen DPR RI Indra Iskandar, dan Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan. Selanjutnya, terpampang juga sejumlah karangan bunga milik masing-masing Capres Cawapres 2024, yakni dari pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar, dan juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.