Kemacetan Parah di Tol Bali Mandara, Jasamarga Mengungkap Jumlah Kendaraan Mencapai 73 Ribu

by -107 Views

Minggu, 31 Desember 2023 – 03:00 WIB

Bali – Peristiwa kemacetan di Jalan Tol Bali Mandara pada Jumat, 29 Desember 2023, menjadi berita utama di media nasional dan lokal. Kemacetan terjadi akibat lonjakan volume wisatawan yang datang ke Pulau Bali selama libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat wisatawan turun dari mobil dan berjalan kaki membawa koper dan barang bawaan mereka menuju Bandara Ngurah Rai.

PT JasaMarga Bali Tol menepis klaim kemacetan yang terjadi di Tol Bali Mandara pada Jumat, 29 Desember 2023. Kepadatan lalu lintas dari dan menuju Bandara Ngurah Rai menyebabkan penumpukan kendaraan roda empat di gerbang tol Ngurah Rai.

Manager Operasi dan Maintenance PT Jasamarga Bali Tol I, Putu Gandi Ginantra, menyatakan bahwa semua transaksi di gerbang tol berjalan normal tanpa gangguan. Mereka menyiapkan personel untuk membantu taping dan mobile reader.

Dari pemantauan yang dilakukan, antrean kendaraan di gerbang tol mulai terlihat pada Jumat, 29 Desember 2023, sekitar pukul 15.00 WITA. Petugas tol menemukan bahwa penumpukan kendaraan diakibatkan oleh pengguna jalan yang menuju Bandara Ngurah Rai.

Gandi mengungkapkan bahwa jumlah kendaraan yang masuk pada waktu terjadi antrean panjang, Jumat, 29 Desember 2023, di luar perkiraan. Total jumlah kendaraan, roda empat dan roda dua mencapai 73.000, lebih tinggi dari momen akhir tahun 2022 yang sebanyak 50.000.

Berdasarkan kemacetan yang terjadi, PT Jasamarga Bali Tol meminta kepada kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk mengatur lampu lalu lintas di titik-titik rawan. Sementara itu, H-2 Tahun Baru 2024, situasi lalu lintas di gerbang tol Bali Mandara terlihat lancar dengan jumlah antrean kendaraan yang tidak sebanyak kemacetan sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Petugas tol mendapati bahwa penumpukan kendaraan itu diakibatkan oleh pengguna jalan yang akan menuju Bandara Ngurah Rai.