Khofifah Mengungkap Alasan Menolak Posisi Cawapres, Siap Maju Lagi sebagai Cagub Jatim 2024

by -115 Views

Selasa, 5 Desember 2023 – 04:16 WIB

Surabaya – Khofifah Indar Parawansa telah menyatakan kesiapan untuk maju kembali sebagai calon gubernur (cagub) dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. Pernyataan Khofifah ini sebagai jawaban atas pertanyaan mengenai alasan Khofifah yang tidak ingin maju dalam Pilpres 2024.

Nama Khofifah sempat diisukan akan mendampingi Prabowo Subianto hingga Anies Baswedan dalam Pilpres 2024.

Pernyataan Khofifah untuk maju dalam Pilkada Jawa Timur 2024 disampaikan setelah menerima rekomendasi dukungan dari Partai Amanat Nasional (PAN) pada Senin, 4 Desember 2023. Rekomendasi dukungan diserahkan langsung oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

“Insya Allah saya maju kembali dalam Pilgub [Jatim] 2024,” kata Khofifah kepada wartawan.

Khofifah mengaku kaget atas surat rekomendasi dukungan dari PAN, karena menurutnya proses pilkada belum dimulai sama sekali. Dia juga menyatakan bahwa proses rangkaian Pemilu 2024 masih fokus pada pemilu presiden (pilpres) dan pemilu legislatif (pileg).

Selain Khofifah dan Zulkifli Hasan, hadir di acara tersebut Ketua DPD Demokrat Jatim yang juga Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak. Menanggapi rekomendasi PAN untuk Khofifah, Emil mengaku ikut senang. Namun, ia tidak menjelaskan rinci apakah rekomendasi yang akan dikeluarkan Demokrat pada Pilgub Jatim 2024 juga untuk Khofifah atau tidak. Emil juga enggan menjawab ketika ditanya apakah dirinya bakal kembali maju sebagai bacawagub mendampingi Khofifah.

“Mohon doanya,” kata Emil.