Karyawan Hotel Ditemukan Tewas sebagai Korban Banjir Bandang

by -131 Views

Minggu, 3 Desember 2023 – 01:34 WIB

Humbang Hasundutan – Banjir bandang disertai longsor terjadi di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Provinsi Sumatera Utara. Satu korban tewas ditemukan pada Sabtu siang, 2 Desember 2023.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut, Tuahta Ramajaya Saragih menjelaskan bahwa korban telah diidentifikasi sebagai Dian Lubis, seorang laki-laki, warga Parsoburan, Kabupaten Toba. “Korban tersebut, yang merupakan karyawan Hotel Senior Bakara. Ditemukan sekitar pukul 11.30,” ucapnya Tuahta, Sabtu malam, 2 Desember 2023.

Hotel Senior Bakara juga mengalami kerusakan akibat bencana ini, bersama dengan 35 rumah warga, Gereja, fasilitas umum, dan lahan pertanian di sekitarnya.

Tuahta mengungkapkan bahwa 11 korban lain masih dalam pencarian oleh tim SAR gabungan. “Satu dari 12 orang korban hilang telah ditemukan, sisanya 11 orang lagi masih dalam pencarian,” kata Tuahta.

Dalam proses pencarian dan evakuasi korban, 100 orang, terdiri dari TNI 90 personil, Basarnas Pos Parapat 4 orang, BPBD Sumut 10 orang, bersama BPBD Humbahas dan aparatur Pemkab Hi terkait penanggulangan bencana lintas OPD.

Berdasarkan data, longsor disertai banjir bandang terjadi pada Jumat malam, 1 Desember 2023, sekitar pukul 21.15 WIB. Kemudian, pada pukul 21.15 WIB, terjadi luapan air yang membawa material longsoran berupa bebatuan yang sangat banyak dan berukuran besar mencapai sekitar 2,5 m3, yang merusak rumah penduduk, fasilitas umum, dan lahan pertanian di Desa Simangulampe.

“Intinya mari sama-sama melakukan penanganan,” ucap Tuahta.

Data korban hilang:
1. Pintar Simanullang (dalam pencarian)
2. Juni Silaban (dalam pencarian)
3. Adriano Silaban (dalam pencarian)
4. Tiamin Sinambela (dalam pencarian)
5. Lasroha Simanullang (dalam pencarian)
6. Eva Purba (dalam pencarian)
7. Kriston Siregar (dalam pencarian)
8. Desman Sihombing (dalam pencarian)
9. Op.Gomgom (dalam pencarian)
10. br Banjar (dalam pencarian)
11. br Simanjuntak (dalam pencarian)

Halaman Selanjutnya

Dalam proses pencarian dan evakuasi korban longsor dan banjir bandang itu, 100 orang, terdiri dari TNI 90 personil, Basarnas Pos Parapat 4 orang, BPBD Sumut 10 orang, bersama BPBD Humbahas dan aparatur Pemkab Hi terkait penanggulangan bencana lintas OPD.