Anwar Abbas Mendukung AMIN Tanpa Melibatkan Muhammadiyah

by -116 Views

Sabtu, 2 Desember 2023 – 02:16 WIB

Jakarta – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Anwar Abbas, menyatakan bahwa dia mendukung pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, di Pilpres 2024. Namun, dia mengakui bahwa dukungannya terhadap pasangan AMIN sebagai pribadi, bukan atas nama Persyarikatan Muhammadiyah.

Muhammadiyah tidak terlibat dalam politik praktis mendukung kandidat tertentu. Oleh karena itu, Anwar Abbas hanya mengatakan bahwa dirinya pribadi mendukung pasangan yang diusung Koalisi Perubahan dari Nasdem, PKB, dan PKS.

Wakil Ketua Umum MUI itu menegaskan bahwa kader yang mendukung atau menjadi tim sukses pasangan calon presiden di pilpres tidak diperbolehkan mengatasnamakan Persyarikatan Muhammadiyah.

“Dalam Muhammadiyah, sudah dijelaskan oleh sekretaris umum, ada tim sukses yang mendukung Prabowo, ada tim sukses yang mendukung Ganjar, ada tim sukses yang mendukung Anies dan Cak Imin. Tapi jangan mengatasnamakan Muhammadiyah,” jelas Anwar Abbas kepada wartawan, Jumat 1 November 2023.

Dukungan Anwar Abbas terhadap pasangan AMIN diberikan setelah dia mendengar paparan dan visi dari Anies Baswedan. Hal tersebut yang membuat dirinya mendukung pasangan calon nomor urut 1 di Pemilu 2024 ini.

“Yang sudah mendengar ide saya secara langsung ya Pak Anies, dan pak dia welcome. Tapi saya tidak ingin negeri ini pecah karena kesenjangan ekonomi. Saya tidak mau dari RRC lari terbirit-birit karena dikejar. Tapi saya pingin rakyat kita aman, makmur, sentosa, dan bahagia,” kata dia.

Sebelumnya, Anies Baswedan mengatakan bahwa dirinya mendapatkan dukungan dari Anwar Abbas dalam Pilpres 2024. Bentuk dukungan Anwar Abbas itu terlihat berdasarkan kehadirannya tokoh senior sekaligus ketua PP Muhammadiyah di silaturahim nasional relawan Garda Matahari di Jakarta.

Pun, di kesempatan yang sama Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan bahwa dia juga telah mendapatkan dukungan dari Anwar Abbas. Menurutnya, dukungan tersebut sudah disampaikan sejak beberapa bulan yang lalu.